WhatsApp Kasudinhub Jakbar Dibajak Pelaku Penipuan

Jum'at, 17 Januari 2020 - 18:07 WIB
WhatsApp Kasudinhub Jakbar Dibajak Pelaku Penipuan
WhatsApp Kasudinhub Jakbar Dibajak Pelaku Penipuan
A A A
JAKARTA - Orang tak bertanggungjawab berhasil membajak nomor WhatsApp milik Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah. Orang itu kemudian meminta sejumlah uang ke semua kontak milik Erwansyah.

Aksi ini tercium usai seorang wartawan nyaris menjadi korbannya. Bahkan, wartawan itu nyaris mentransfer sejumlah uang lantaran pelaku berkata meyakinkan. “Setelah dikonfirmasi ke pak Erwansyah bukan cuma saya, banyak juga,” kata Desi, Jumat (17/1/2020).

Erwansyah membenarkan nomornya dibajak orang tak dikenal. Oknum itu bahkan meretas akun media sosial, mencuri sejumlah foto untuk menipu rekan-rekannya. "Saat saya buka Facebook tidak bisa masuk, saya juga heran kemungkinan dia curi kontak saya dari situ," ujarnya.

Salah satu stafnya sempat tertipu oleh orang yang mengaku sebagai Erwansyah. Katanya, pelaku meminta dikirimkan sejumlah uang untuk nantinya ditransfer kembali ke rekening pengirim. "Orang itu ngakunya sebagai saya, pakai foto profil saya, minta ditransfer sejuta nanti dikembalikan," kata Erwansyah yang mengamini stafnya mentransfer uang sejuta.

Menurut dia, ponselnya tidak dicuri atau dipegang orang lain. Dia menduga email yang dipakai untuk ponselnya telah dibajak seseorang. Dia berencana melaporkan kejadian ke Polres Metro Jakarta Barat. Saat ini, dia sudah berkonsultasi dengan temannya yang berdinas di instansi tersebut. "Itu sudah modus lama, sering kejadian pembajakan kontak smartphone, harapan saya cepat diberantas oleh pihak kepolisian," ujar Erwansyah.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6950 seconds (0.1#10.140)