Hoaks, Video Penjemputan ABK Positif Covid-19 di Pelabuhan Muara Baru

loading...
Hoaks, Video Penjemputan ABK Positif Covid-19 di Pelabuhan Muara Baru
Polisi memastikan video penjemputan ABK positif Covid-19 di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara adalah hoaks. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A+ A-
JAKARTA - Sebuah video beredar luas di media sosial yang menarasikan adanya anak buah kapal (ABK) di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara yang dijemput paksa petugas medis karena terpapar positif Covid-19.

Dalam video tersebut, pengunggah menyebutkan bahwa ada petugas yang akan melakukan penindakan terhadap ABK yang terpapar Covid-19. "Muara Baru, Muara Baru, ada yang terkena Corona, dijemput sama petugas medis," ucap pengunggah di video tersebut. (Baca juga: Polisi Ringkus Enam Pencuri Modul BTS)

Menanggapi itu, Kapolsek Kawasan Muara Baru AKP Seto Handoko menegaskan viralnya video yang menyebutkan ABK terpapar Covid-19 di Pelabuhan Muara Baru adalah kabar bohong alias hoaks.

"Sebenarnya video itu direkam warga sekitar bulan Juni, dimana waktu itu ada satu perusahaan kapal melakukan pemeriksaan rapid tes mandiri terhadap ABK yang akan berlayar," ujarnya, Senin (31/8/2020).



Saat pelaksanaan rapid tes, dua petugas medis dilengkapi pakaian alat pelindung diri (APD). Kemudian, warga yang melihatnya langsung merekam melalui handphone miliknya. (Baca juga: Dipastikan Gunakan Psitropika, Vanessa Angel Terancam 5 tahun Penjara)

"Kami telah melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi termasuk warga yang merekam dan pemilik kapal," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku perekaman bernama Erwin yang merupakan pengurus kapal dan mengaku awalnya hanya mengirimkan gambar kepada atasannya. "Yang bersangkutan bahkan tidak tahu kalau videonya viral dan dalam kasus ini Erwin pun kooperatif dan sudah meminta maaf," ujar Seto.
(jon)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top