Jelang Misa Natal, Ribuan Polisi Jaga 196 Gereja di Jakarta Timur

Selasa, 24 Desember 2019 - 19:24 WIB
Jelang Misa Natal, Ribuan Polisi Jaga 196 Gereja di Jakarta Timur
Jelang Misa Natal, Ribuan Polisi Jaga 196 Gereja di Jakarta Timur
A A A
JAKARTA - Menjelang misa Natal 2019, ribuan polisi dikerahkan menjaga 196 gereja di Jakarta Timur. Dari ratusan gereja tersebut, 10 gereja mendapat prioritas pengamanan karena jumlah jemaatnya yang banyak.

Kapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Arie Ardian Rishadi mengatakan, pihaknya akan memberikan pengaman terhadap 196 Gereja di Jakarta Timur. Namun yang menjadi skala prioritas hanya ada 10 Gereja.

Hal itu dilakukan atas pertimbangan banyaknya jumlah jemaat yang mengikuti Misa malam Natal 2019 di masing-masing Gereja. "Ada beberapa Gereja yang memang jadi prioritas pengamanan, pertama karena memang jemaatnya cukup banyak," kata Arie di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (24/12/2019).

Arie melanjutkan, untuk memastikan keamanan dan memberikan kenyaman bagi umat Nasrani dalam menjalankan Misa malam Natal, pihaknya juga membangun pos pengamanan terpadu disetiap Gereja.

"Kita juga jaga di perlintasan jalan yang mengundang rawan kemacetan sehingga perlu penempatan personel yang lebih banyak," ujarnya.

Dia menambahkan, secara keseluruhan, tercatat 1.000 personel gabungan dikerahkan guna mengamankan perayaan Natal dan libur panjang tahun baru 2020.

Personel gabungan terdiri dari personel TNI-Polri, pemadam kebakaran, Satpol PP, petugas medis, Dinas Perhubungan, dan petugas lainnya.

"Gereja sendiri mengadakan pengaman internal, sehingga kita bisa bekerja sama untuk mengamankan seluruh Gereja di Jakarta Timur," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5761 seconds (0.1#10.140)