Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono Dominasi Seluruh Daerah Pemilihan Jakarta

Kamis, 24 Oktober 2024 - 16:40 WIB
loading...
Elektabilitas Ridwan...
Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendominasi peta pemilih di Jakarta. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Tingkat keterpilihan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) paling tinggi dibandingkan kandidat lainnya berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia. Pasangan RIDO mendominasi peta pemilih berdasarkan wilayah kabupaten/kota di Jakarta.

"Mari kita dalami peta persebaran elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur ini berdasarkan kota administratif di Jakarta, yang menarik Kota Jakarta Timur ini berimbang, kita kasih warna abu-abu karena margin error-nya naik dari 22%, maka Jakarta Timur tidak bisa disimpulkan siapa yang unggul,” kata Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yudha saat memaparkan hasil surveinya secara virtual, Kamis (24/10/2024).

Pasangan RIDO mengungguli pasangan lain, khususnya di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. "Pada Jakarta Barat, Selatan, Utara, Pusat cenderung diungguli oleh pasangan Ridwan Kamil dan Suswono meskipun kita tahu jaraknya juga tidak terlalu jauh ya, di mana Pramono Anung-Rano Karno juga angkanya lumayan tinggi," katanya.



"Kalau kita perhatikan kekuatan namanya Ridwan Kamil-Suswono paling kuat di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan, disusul di Barat dan Pusat, kemudian di Jakarta Timur," ujarnya.

Sementara itu, kata Hanta Yudha, Pramono Anung dan Rano Karno cenderung kuat di Jakarta Timur dan Pusat. "Kalau Pramono-Rano, itu paling kuat sepertinya di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, timur dan pusat. Kemudian disusul di Utara dan Barat, baru di Selatan di bawah 30%," katanya.

"Sementara Kepulauan Seribu karena kecil ini, saya kira tidak terlalu relevan kalau untuk kita lihat akurasinya sangat rendah, khusus Kepulauan Seribu karena sampelnya sangat kecil hanya 0,5%," katanya.

Poltracking sebelumnya telah mengambil survei yang dilakukan pada hasil survei yang dilakukan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 2.000 responden. Survei dilakukan pada 10 hingga 16 Oktober dengan margin of error 2,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut peta sebaran elektabilitas berdasarkan wilayah Kabupaten/Kota di Jakarta:

1. Jakarta Timur

Ridwan Kamil-Suswono 46,6%
Pramono Anung-Rano Karno 43,8%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,3%
Tidak Tahu 6,3%

2. Jakarta Barat

Ridwan Kamil-Suswono 50,4%
Pramono Anung-Rano Karno 33,9%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,4%
Tidak Tahu 10,3%.

3. Jakarta Selatan

Ridwan Kamil-Suswono 55,3%
Pramono Anung-Rano Karno 28,8%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 6,0%
Tidak Tahu 9,9%

4. Jakarta Utara

Ridwan Kamil-Suswono 57,2%
Pramono Anung-Rano Karno 33,4%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 3,1%
Tidak Tahu 6,3%

5. Jakarta Pusat

Ridwan Kamil-Suswono 50,5%
Pramono Anung-Rano Karno 43,0%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 0%
Tidak Tahu 6,5%

6. Kepulauan Seribu
Ridwan Kamil-Suswono 80%
Pramono Anung-Rano Karno 20%
Dharma Pongrekun-Kun Wardana 0%
Tidak Tahu 0%
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)