Teror Anak Ular Cobra, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular Berbisa

Selasa, 17 Desember 2019 - 17:17 WIB
Teror Anak Ular Cobra, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular Berbisa
Teror Anak Ular Cobra, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular Berbisa
A A A
JAKARTA - Dokter Pakar Bisa Ular menyebutkan, seseorang yang terkena gigitan ular diminta untuk tidak panik. Adapun penanganan gigitan ular dengan cara imobilisasi dan segera di rumah sakit untuk diberikan antibisa.

Dokter Pakar Bisa Ular, dokter Tri Maharani mengatakan, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dari gigitan ular dan penanganan awalnya. Pertama menghindari tempat beresiko atau tempat ular berada dan bila hendak ke tempat itu harus bersama, tak sendiri.

Kedua, kata dia, memakai alat pengaman diri misalnya sepatu, topi senter, tongkat dan lainnya. Lalu, membawa alat komunikasi agar saat terjadi hal tak diinginkan, bisa meminta bantuan. Apalagi zaman sekarang, hampir tak sedikit orang yang tak memiliki handphone. (Baca Juga: Habitat Terganggu Jadi Penyebab Ular Kobra Masuki Pemukiman Warga)

"Lalu, mengerti cara first aid yang benar, misalnya imobilisasi untuk snakebites karena bisa ular menjalar lewat kelenjar getah bening. Jika susah imobilisasi sendirian cukup tidak bergerak sampai penolong datang," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (17/12/2019).

Dia menerangkan, bisa ular itu menjalar melalui getah bening pasca digigit sehingga harus dilakukan imobilisasi agar kelenjar getah bening itu tak menyebarkannya secara cepat ke semua tubuh. Kelima, meminta pertolongan Public Safety Center (PSC) 119 saat tergigit dan tengah sendiri, agar bisa ditolong.

"Terakhir, segera ke pelayan kesehatan atau ke IGD secepatnya untuk dilakukan penanganan dan perawatan," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6322 seconds (0.1#10.140)