Suplai Merata, Anies Jamin Harga Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Minggu, 08 Desember 2019 - 19:23 WIB
Suplai Merata, Anies Jamin Harga Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru
Suplai Merata, Anies Jamin Harga Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan stok pangan aman di wilayah Ibu Kota jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, dengan harga terkendali. Hal ini setelah suplai yang merata di setiap wilayah.

"Alhamdulillah, pasokan kota terjamin dan kita membagi pendekatan menjadi dua. Pertama, menyiapkan suplai yang dikerjakan BUMD, dan Kedua kita memiliki dinas yang bertanggung jawab mengantisipasi kebutuhan, mendeteksi dimana saja dan apa saja kebutuhan itu. Ini sudah kita jalankan dua tahun terakhir," ujar Anies di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Melalui pendekatan tersebut, kata Anies, ada pembagian tugas yang terstruktur. Sehingga pasokan bahan pangan di seluruh pasar yang ada di Jakarta dapat terpenuhi. Warga yang membutuhkan juga dapat dengan mudah menemukan bahan pangan di pusat perbelanjaan terdekat.

"Yang SKPD fokus ke demand, yang BUMD fokus suplay. Dengan cara seperti itu bulan Ramadan kita lancar tanpa ada lonjakan harga. Begitu juga Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru, Insya Allah tahun ini juga pasokan aman," tuturnya.

Meski demikian, Pemprov DKI terus mengontrol suplai bahan pangan jelang libur Natal dan Tahun Baru guna memastikan tidak ada lonjakan harga jelang penutupan tahun 2019.

Menurut Anies, lonjakan harga bahan pangan di masa lalu terjadi karena ketiadaan suplai yang merata di setiap wilayah. Sehingga mengakibatkan harga kebutuhan pokok meroket drastis tanpa bisa dicegah.

"Sekarang Insya Allah aman, karena implikasi naik turun suplai kita aman. Bagian kita memastikan suplainya, karena begitu ada gangguan suplai, harganya akan langsung fluktuasi," pungkas Anies.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6344 seconds (0.1#10.140)