alexametrics

Perbanyak Kereta 12 Rangkaian, KCI Perpanjang Sejumlah Peron

loading...
Perbanyak Kereta 12 Rangkaian, KCI Perpanjang Sejumlah Peron
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pembangunan stasiun khususnya dari Tanah Abang - Rangkasbitung terus dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Perpanjangan peron dilakukan agar memenuhi kebutuhan standformasi 12. Apalagi bulan depan PT KCI juga akan menambah dua jadwal perjalanan.

“Saat ini masih banyak yang belum diperpanjang, seperti di Stasiun Kebayoran, Serpong, dan Rangkasbitung,” kata Direktur Utama PT KCI, Wiwik Wijayanti kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Saat ini, kata Wiwik di beberapa stasiun itu panjang peron hanya menampung rangkaian 10. Sementara KCI mengupayakan perpanjangan rangkaian menjadi rangkaian 12 di lintas Tanah Abang - Rangkasbitung.



Kondisi demikian bertolak belakang dengan lintas Duri Tangerang yang peron stasiunnya sudah bisa untuk pemberhentian 12 rangkaian. “Makanya kita harapkan 2020 semua peron di lintas Tanah Abang - Rangkasbitung telah selesai dibangun,” kata Wiwik.

Saat ini, lanjut Wiwik, ada 34 rangkaian kereta menggunakan standformasi 12. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun 2018 yang hanya 21 rangkaian. Sementara untuk standformasi 10, alami penurunan dari 43 ditahun 2018, menjadi 41 ditahun 2019.

Lain halnya dengan standformasi 8, Wiwik mengatakan pihaknya menambah 30 rangkaian kereta di tahun 2019, dari sebelumnya 28 rangkaian di tahun 2018.

Wiwik mengatakan pada 1 Desember 2019 nanti pihaknya menambah dua perjalanan Commuter Line, yakni dari 958 perjalanan menjadi 960 perjalanan. Penambahan jumlah perjalanan ini menambah jumlah rangkaian commuter line dari 84 train set menjadi 86 train set setiap harinya.

Sedangkan untuk 2020 mendatang, Wiwik mengatakan pihaknya secara bertahap menaikan jumlah perjalanan menjadi 1.001 dengan 90 rangkaian kereta setiap harinya. “Kami akan lakukan pelan pelan,” katanya.

Wiwik mengharapkan tambahan perjalanan kereta nantinya akan menambah kapasitas angkut KRL di masa mendatang. Saat ini, Wiwik menyebutkan pada Oktober 2019 lalu, KCI telah melayani 278.706.794 pelanggan dengan rata rata 916.799 pelanggan per harinya. “Jadi ini bisa 81,13 persen,” ucapnya.

Vice President Coorporate Communication PT KCI, Anne Purba mengatakan perombakan stasiun menjadi fokus pihaknya. Bahkan Anne menargetkan sebelum Natal dan Tahun Baru, perombakan stasiun telah selesai.

Ia mencontohkan seperti di stasiun Kalibata, Pasar Minggu, dan Depok. Ketiga stasiun itu kini telah diperbaiki. Alur penumpang diatur dengan membuat underpass maupun JPO untuk mensterilkan kawasan itu. “Sedang dikerjakan, semoga aja selesai sebelum nataru,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penambahan fasilitas, pembangunan hall, menyediakan sarana seperti toilet dan pojok baca. “Dan kami juga menyiapkan lima stasiun untuk menjual KMT. makanya Mesin KMT akan terpasang disana,” tutupnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak