Dikejar Petugas, Pengemis Pura-pura Pincang Mendadak Lari Kencang

Rabu, 13 November 2019 - 13:38 WIB
Dikejar Petugas, Pengemis Pura-pura Pincang Mendadak Lari Kencang
Dikejar Petugas, Pengemis Pura-pura Pincang Mendadak Lari Kencang
A A A
JAKARTA - Petugas Satgas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Posko Karet Bivak melakukan penjangkauan terhadap gelandang pengemis (gepeng) yang berpura-pura pincang. Mengetahui adanya petugas P3S, pengemis tersebut pun kemudian lari kencang.

"Jadi ini memang ada laporan dari masyarakat, adanya gepeng yang pincang di sekitaran Jalan Gelora, dekat SMA 24 Jakarta. Tadi sempat ada perlawanan, tapi sudah tertangani dan tanpa adanya kekerasan," ungkap Komandan Regu (Danru) Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Pusat, Posko Karet Bivak, Andri Subhan, Rabu (13/11/2019).

Andri menjelaskan, gepeng bernama Harianto (49) yang berasal dari Pariaman, Sumatera Barat tersebut sudah pernah terjangkau dengan kasus yang sama. Harianto sengaja membungkus kakinya dengan plastik dan dibalut dengan obat merah.

"Awalnya memang terlihat seperti orang pincang. Di lampu merah dia minta uang dengan menggunakan gayung. Pas dia lihat kita, dia lari seperti orang normal kalau sedang lari," ujarnya.

Oleh tim TRC 01, Harianto dirujuk ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1 untuk mendapatkan pelayanan dan pembinaan lebih lanjut. "Di sana dia diassesment, dibina dan diberi pembekalan. Kalau misalkan dia bukan orang Jakarta, mungkin dia akan dipulangkan ke kampungnya. Biasanya pihak panti nanti menginfokan ke dinas sosial setempat di daerahnya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)