Puslabfor Mabes Polri Selidiki Pemicu Ledakan Septic Tank di Cakung

Rabu, 06 November 2019 - 14:04 WIB
Puslabfor Mabes Polri Selidiki Pemicu Ledakan Septic Tank di Cakung
Puslabfor Mabes Polri Selidiki Pemicu Ledakan Septic Tank di Cakung
A A A
JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri mendatangi lokasi ledakan septic tank di kediaman Agus Sholeh, warga Kavling Blok O, RT 16/RW 03, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (6/11/2019). Hasil lab diharapkan dapat mengungkap misteri penyebab ledakan.

Kepala Tim Puslabfor Mabes Polri, Komisaris Polisi (Kompol) Faisal, mengatakan, Tim Puslabfor sudah mengantongi sempel untuk diuji di laboratorium Polri. Hal ini guna memastikan penyebab terjadinya ledakan septic tank yang menewaskan tukang sedot WC berinisial S (44). (Baca juga: Septic Tank Meledak, Petugas Jasa Sedot WC Tewas Mengenaskan)

"Ini kami mengambil sampel dari TKP. Jadi ada sampel air limbah, air septic tank dua jerigen, dan sampel gas. Belum tahu ini mengandung apa, kita periksa dulu yah," kata Kompol Faisal di lokasi kejadian.

Menurut Kompol Faisal, dugaan sementara ledakan terjadi akibat adanya bakteri dari dalam septic tank yang terurai, sehingga memicu ledakan. (Baca juga: Ledakan Septic Tank di Cakung Terdengar hingga Radius 200 Meter)

"Biasanya dari penguraian bakteri itu dari kotoran manusia yang masuk ke septic tank, lalu ada penguraian bakteri kemudian menghasilkan gas. Ada gas CO dan gas metana yang kami akan periksa nanti," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa nahas menimpa seorang pekerja jasa sedot WC berinisial S (44). Dia meregang nyawa saat sedang bekerja di rumah salah satu warga di Kavling Blok O, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. (Baca juga: Polisi Sebut Penyebab Meledaknya Septic Tank karena Kecerobohan)

Peristiwa bermula saat S telah menyelesaikan pekerjaannya untuk menyedot tinja septic tank di rumah Agus Sholeh pada Senin (4/11/2019) sekitar pukul 11.30 WIB. Setelah pekerjaan selesai, S ingin meyakinkan pemilik rumah bahwa tugasnya telah selesai. S lalu membakar kertas dan memasukkannya ke dalam septic tank. Tak lama kemudian terjadi ledakan.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)