Transformasi Hijau Dinilai Mampu Atasi Krisis Air Bersih dan Emisi Karbon di Jakarta

Rabu, 11 September 2024 - 18:01 WIB
loading...
Transformasi Hijau Dinilai...
Transformasi hijau dinilai mampu atasi krisis air bersih dan menurunkan emisi karbon di Jakarta. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Pasokan air bersih di Jakarta yang kerap bermasalah bisa diatasi melalui transformasi hijau. Tidak hanya itu, transformasi hijau juga mampu mengurangi polusi karbon .

Direktur PT Wilo Pumps Indonesia David Haliyanto mengatakan, pihaknya masih terus melakukan inovasi. Salah satunya menyediakan air bersih di industri pertambangan yang dikenal sulit.

“Artinya bila dipertambangan aja kita mampu, apalagi di perkotaan,” katanya saat acara Mining Indonesia 2024 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024).



Inovasi dengan nama Wilo-Actun ZETOS, pompa deep-well bertenaga surya yang dirancang khusus untuk pengelolaan air di kawasan pertambangan yang menggunakan panel surya.

David pun yakin solusi tidak hanya penyediaan air bersih, melainkan mampu mengurangi karbon. Sehingga upaya Net Zero Emission (NZE) 2026 kian terlaksana.



Untuk mencapai itu, David melihat biaya sebesar 350 ribu EURO atau sekitar Rp6 miliar harus disiapkan untuk membangun sarana ini. Nilai itu terbilang murah, sebab mampu mengurangi efektivitas 94 persen dari penggunaan diesel.

“Terlebih saat ini pengeluaran karbon pun dikenakan pajak. Jadi bisa bayangkan bila pengeluaran carbon bisa diminimalisir tentunya menguntungkan,” tambahnya.

Namun bila nilai itu dirasa memberatkan, pihaknya juta menawarkan sewa alat yang bisa menjadi pertimbangan dengan kompensasi kerugian ditanggung bersama. Langkah ini rencananya akan ditawarkan oleh beberapa perusahaan tambang sebagai media untuk promosi.

“Kami percaya teknologi ini mampu menjawab tantangan sektor pertambangan dalam mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon tanpa mengorbankan performa. Inovasi ini menempatkan Wilo sebagai pionir dalam transformasi hijau, dengan memanfaatkan energi surya guna mengurangi ketergantungan pada sumber daya konvensional,” papar David.

Selain fokus pada produk unggulan, keikutsertaan Wilo di Mining Indonesia 2024 juga membuka peluang kolaborasi lintas sektor untuk mencapai target Net Zero Emission. “Kami siap menjadi bagian dari perjalanan Indonesia menuju industri yang lebih hijau,” tambahnya.

Selama pameran, pengunjung dapat melihat langsung performa Wilo-Actun ZETOS di Hall A1, Booth 1102. Pada kesempatan ini Wilo juga menampilkan beragam inovasi teknologi lainnya yang mendukung efisiensi energi dan keberlanjutan.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)