Puskesmas Cilandak Ingatkan Pentingnya Memeriksa Kesehatan Jiwa

Kamis, 24 Oktober 2019 - 19:21 WIB
Puskesmas Cilandak Ingatkan Pentingnya Memeriksa Kesehatan Jiwa
Puskesmas Cilandak Ingatkan Pentingnya Memeriksa Kesehatan Jiwa
A A A
JAKARTA - Puskesmas Kecamatan Cilandak meluncurkan aplikasi e-Jiwa untuk menginspirasi masyarakat supaya lebih memperhatikan kesehatan jiwa yang juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilandak Luigi mengingatkan pentingnya memeriksa kesehatan mental. Menurutnya, saat ini masyarakat lebih mengutamakan kesehatan fisik dan kurang mempertimbangkan untuk mengetahui kesehatan jiwa.

“Selama ini kita selalu mengutamakan kesehatan fisik. Padahal, sebenarnya mengetahui kondisi kesehatan jiwa itu juga penting," katanya kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Karena itu, pihaknya menciptakan aplikasi e-Jiwa sebagai inovasi sistem deteksi dini gangguan mental. Aplikasi tersebut, ditujukan sebagai solusi praktis bagi masyarakat agar dapat lebih memahami berbagai gejala gangguan jiwa. (Baca Juga: Razia Orang Gila, Satpol PP Kendal Sampai Terjun ke Sungai)

"Aplikasi e-Jiwa ini dapat mendeteksi secara cepat dan terintegrasi langsung oleh sistem dalam penanganan selanjutnya," ujarnya.

Luigi menjelaskan, melalui aplikasi e-Jiwa, masyarakat dapat mendeteksi kesehatan mental dengan menjawab empat pertanyaan seputar gangguan perasaan, napsa, psikotik, dan post traumatic syndrome.

Hasil deteksi dari jawaban pertanyaan tersebut akan menunjukkan hasil dengan berbagai warna. "Kalau hasilnya hijau berarti dia sehat. Kuning ada pilihan konseling langsung melalui link whatsapp atau datang ke klinik, dan jika merah tandanya pasien mengalami kecenderungan gangguan," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4425 seconds (0.1#10.140)