Hadapi Potensi Banjir, BPBD DKI Intens Jalin Komunikasi dengan SKPD

Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:01 WIB
Hadapi Potensi Banjir, BPBD DKI Intens Jalin Komunikasi dengan SKPD
Hadapi Potensi Banjir, BPBD DKI Intens Jalin Komunikasi dengan SKPD
A A A
JAKARTA - Menjelang musim hujan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan mengenai potensi bencana. Di Jakarta, potensi bencana yang kerap terjadi yakni banjir .

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI, Muhammad Ridwan mengatakan, persiapan hadapi potensi bencana banjir di Jakarta dengan menjalin komunikasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
"Kita mitigasi bencana koordinasi dengan lurah, Dinas SDA, persiapan pompa-pompa dinas Lingkungan Hidup, UPT Badan Air jadi kita memonitor air terkait banjir secara tim dengan dinas terkait," kata Ridwan di Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Dia mencontohkan, saat banjir terjadi Dinas Sumber Daya Air bisa langsung mengerahkan sejumlah pompa."Dinas SDA itu punya stasiuner dan pompa mobile. Kita koordinasikan bagaimana persiapan dan cara berkoordinasi," ujarnya.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, El - Nino lemah telah berakhir pada bulan Juli lalu, dan kondisi netral ini masih berlanjut hingga di penghujung tahun 2019.

Fenomena yang saat ini sedang terjadi, lanjut Dwikorita, adalah rendahnya suhu permukaan laut daripada suhu normalnya yang berkisar antara 26 - 27 derajat celcius di wilayah perairan Indonesia bagian selatan dan barat, sehingga berimplikasi pada kurangnya pembentukan awan di wilayah Indonesia.

“Dengan adanya fenomena tersebut, mengakibatkan awal musim hujan periode 2019/2020 mengalami kemuduran, dan sebagian besar wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada bulan November, kecuali untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dimulai sejak pertengahan Oktober 2019," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)