2021, BPTJ Bangun Kereta Ringan di Kabupaten Bekasi

Minggu, 20 Oktober 2019 - 11:42 WIB
2021, BPTJ Bangun Kereta Ringan di Kabupaten Bekasi
2021, BPTJ Bangun Kereta Ringan di Kabupaten Bekasi
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan berencana membangun kereta ringan sejenis LRT yang rutenya mengelilingi kawasan industri di Cikarang, bernama Automated Guided Train (AGT) dalam waktu dekat ini.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan, saat ini pihaknya belum ada agenda pembahasan untuk perpanjangan lintasan LRT Jabodebek hingga ke Cikarang.

”Ujung lintasan LRT tetap berada di Bekasi Timur (perbatasan dengan Kabupaten Bekasi), tidak ke Cikarang,” katanya.

Namun, kata dia, warga Kabupaten Bekasi tidak perlu patah semangat, karena Kementerian Perhubungan akan membangun moda transportasi massal berupaya kereta ringan sejenis LRT namun rutenya mengelilingi kawasan industri di Cikarang, namanya Automated Guided Train (AGT) dalam waktu dekat ini.

”Rencana BPTJ yaitu membangun angkutan massal di sekitar daerah industri Cikarang yakni AGT yang akan terhubung dengan LRT di Bekasi Timur,” ungkapnya.

Nantinya, kata dia, AGT ini berfungsi sebagai pengumpan (feeder) LRT di Bekasi Timur. Saat ini, pemerintah pusat tengah mempersiapkan segala kebutuhan pembangunan AGT.

Bambang menjelaskan, rencananya pembangunan akan dimulai 2021 mendatang. Jadi, pemerintah daerah diminta untuk terus berkordinasi terkait pembangunan AGT ini agar secepatnya terealisasi. ”Kami mohon kepada warga Bekasi untuk bersabar, kemungkinan 2021 mendatang sudah mulai dibangun,” tegasnya.

Saat ini, proyek strategis nasional (PSN) melintasi Kota dan Kabupaten Bekasi. Tentunya dengan adanya proyek nasional itu akan mengubah wajah Kabupaten Bekasi sehingga perlu menyesuaikan rencana tata ruang wilayah (RTRW) maupun rencana detail tata ruang (RDTR) ke depanya. Karena perubahan di Bekasi akan terjadi dengan pesat.

Beberapa proyek strategis yang sedang dibangun di antaranya Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Tol Layang Jakartarta-Cikampek II, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Tol Cimanggis-Cibitung-Cilincing, Terminal Cikarang Bekasi Laut (CBL) Inland Waterway. Rencananya, beberapa tahun ke depan, proyek nasional ini sudah bisa digunakan.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1568 seconds (0.1#10.140)