Klaster Covid-19 dari Pabrik LG Cikarang Bertambah Empat Orang

Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:20 WIB
loading...
Klaster Covid-19 dari Pabrik LG Cikarang Bertambah Empat Orang
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi mencatat karyawan yang terinfeksi covid-19 di PT LG Electronics Indonesia bertambah empat orang.Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi mencatat karyawan yang terinfeksi Covid-19 di PT LG Electronics Indonesia bertambah empat orang. Sehingga total karyawan LG yang terpapar virus corona sebanyak 242 orang.

”Bertambah empat orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari tes swab yang kami lakukan terhadap 776 sempel karyawan di perusahaan itu,” ungkap Wakil Juru Bica Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Irfan Maulana di Pusat Isolasi Badan Pelayanan Kesehatan (Bapelkes) di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (26/8/2020).

Menurut dia, dari 242 orang yang terkonfirmasi Covid-19, 25 orang di antaranya kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit DKI Jakarta, Kota bekasi dan Kabupaten Bekasi. Mereka yang dirawat, karena mengalami berbagai gejala baik ringan hingga berat. Sedangkan sisanya menjalani isolasi mandiri karena tidak dapat gejala.

Berdasarkan hasil penelusuran sementara, lanjut Irfan, klaster di pabrik elektronik asal Jepang ini berasal kasus impor. Diduga kasus berawal dari karyawan yang terinfeksi covid-19 di luar perusahaan kemudian menularkannya hingga ke ratusan karyawan lainnya.”Jadi yang bisa saya sampaikan kasus LG ini adalah kasus sporadis imported case,” ujarnya. (Baca: Tutup 14 Hari, Menperin Sebut Langkah LG Sudah Tepat)

Apalagi, pada awalnya mereka dari zona merah, tinggal di zona merah, bekerja di Kabupaten Bekasi, terjadi transmisi, cluster of case. Dugaan ini muncul lantaran banyak karyawan yang tinggal di luar Kabupaten Bekasi. Maka dari itu, beberapa di antaranya dirawat di daerah lain, semisal DKI Jakarta dan Kota Bekasi.

”Tidak bisa dipungkiri Kabupaten Bekasi beririsan langsung dengan Kota Bekasi dan Jakarta. Banyak masyarakat yang bekerja di Kabupaten Bekasi tinggal di Jakarta dan Kota Bekasi, begitupun sebaliknya,” ucapnya. Sehingga, jumlah terkonfirmasi positif ini bisa jadi bertambah karena masih melakukan pelacakan kepada keluarga karyawan.

Seperti diketahui, lebih dari 200 karyawan PT LG Electronic Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19. Perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat ini pun ditutup hingga 14 hari untuk menekan penyebaran virus. Hingga hari ini, karyawan terpapar Covid-19 bertambah menjadi 242 orang.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)