Belajar Daring Banyak Masalah, Pemkot Bogor Siapkan 900 Titik WiFi Gratis

Senin, 24 Agustus 2020 - 19:34 WIB
loading...
Belajar Daring Banyak Masalah, Pemkot Bogor Siapkan  900 Titik WiFi Gratis
Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan sidak ke sejumlah sekolah yang tengah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Senin (24/8/2020). Foto: SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Sejumlah persoalan ditemukan Wali Kota Bogor Bima Arya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah yang tengah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) , Senin (24/8/2020).

Persoalan yang cukup banyak ditemui mulai dari ketiadaan atau ketidakmampuan orang tua membeli gadget, keterbatasan kuota, hingga keterbatasan sinyal. (Baca juga: Belajar Daring di Bogor Banyak Masalah, Wali Kota Bima Arya: Ini Darurat)

Guna mengatasi persoalan PJJ ini, Pemkot Bogor akan menganggarkan dana dalam pergeseran APBD 2020 untuk pengadaan WiFi gratis di 900 titik secara outdoor.

Selain itu, memobilisasi kepedulian warga Kota Bogor untuk membantu penyediaan gadget/ponsel/gawai dan program Jaga Asa yang awalnya diperuntukkan bagi orang tua asuh kini dikonsentrasikan untuk sektor pendidikan.

Bima Arya menjelaskan, untuk pengadaan WiFi Disdik akan melakukan pemetaan dan membuat sistemnya, sehingga dalam penggunaannya lebih maksimal. (Baca juga: Atasi PJJ, Kemendikbud Siapkan BTS Mobile dan 15 Ribu Tablet)

Untuk lebih mengefisienkan dan menghindari penyalahgunaan akan ada pengawasan bersama dari aparatur wilayah serta pihak terkait dan masyarakat.

Untuk konten pembelajaran SD dan SMP di Kota Bogor, Pemkot Bogor akan menggandeng beberapa mitra, seperti konsultan dan komunikasi pendidikan untuk memandu para guru terkait konten PJJ.

Bima Arya menilai kondisi saat ini sudah darurat pendidikan. Untuk itu, dia mengimbau semua pihak bergerak menyikapi kondisi tersebut. (Baca juga: Mendikbud Apresiasi Kreativitas Guru di Bogor dalam Pelaksanaan PJJ)

"Ini di Kota Bogor, belum berbicara di daerah yang lebih jauh. Pemerintah Kota Bogor akan mempersiapkan langkah-langkah cepat untuk merespons persoalan dan kondisi yang ada," ujar Bima Arya di SDN Genteng, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan.

Sebelum ke SDN Genteng Kota Bogor, Bima Arya yang didampingi Kepala Diskominfo Kota Bogor, Sekretaris Disdik Kota Bogor, dan General Manager Mass Market Segment Sales Jabotabek Jabar Telkomsel Gamada, mendatangi SMPN 10 Kota Bogor dan SDN Cipaku.

Di ketiga sekolah tersebut, Bima Arya dan Gamada secara simbolis memberikan bantuan kartu Perdana Internet Merdeka Belajar Telkomsel untuk mendukung para siswa dalam melaksanakan PJJ.

Pada kesempatan tersebut dimanfaatkan para kepala sekolah dan tenaga pengajar untuk menyampaikan persoalan dan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan PJJ.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)