Pilkada Jakarta, 4 Kader PDIP Masuk Bursa Cawagub Anies

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:36 WIB
loading...
Pilkada Jakarta, 4 Kader...
Anies Baswedan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deretan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) yang masuk bursa calon wakil gubernur (cawagub) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 diulas di artikel ini. Mereka punya latar belakang beragam, mulai dari tentara, eksekutif, hingga legislatif.

Diketahui, Anies Baswedan kini diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem. Namun, ada perbedaan sikap kedua partai tersebut soal sosok calon pendamping Anies .

PKS menduetkan Anies dengan kadernya, Mohamad Sohibul Iman. Sementara, Partai Nasdem memberi keleluasaan kepada Anies untuk mencari calon pendampingnya di Pilkada Jakarta 2024.

Di sisi lain, PDIP hingga kini belum menentukan apakah akan mengusung kadernya sendiri sebagai calon gubernur (cagub) atau cawagub. PDIP punya sejumlah kader yang memiliki kompetensi menjadi cagub maupun cawagub.



Mereka antara lain Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, anggota DPR RI Rano 'Doel' Karno, hingga Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Jika PDIP memutuskan untuk mencalonkan kadernya sebagai cagub Jakarta, nama-nama di atas layak. Namun, jika PDIP memutuskan mendukung Anies menjadi cagub, hanya Ahok yang tidak bisa menjadi pendamping Anies lantaran terbentur aturan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Dalam UU itu terdapat larangan bagi mantan Gubernur maju lagi dalam pilkada sebagai wakil gubernur di daerah yang sama.

Kader PDIP Berpeluang Dampingi Anies

1. Tri Rismaharini

Tri Rismaharini lahir di Kediri, 20 November 1961. Saat ini, Risma menjabat Menteri Sosial (Mensos).

Pada awal menjabat Mensos, perempuan yang akrab disapa Risma itu membuat gebrakan dengan blusukan ke sejumlah wilayah DKI Jakarta. Gebrakan mantan Wali Kota Surabaya tersebut dinilai sebagai upaya untuk menyaingi Anies Baswedan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)