Gelar Formula E, Pengamat: Jadikan Jakarta Kota Percontohan Otomotif

Jum'at, 19 Juli 2019 - 20:04 WIB
Gelar Formula E, Pengamat: Jadikan Jakarta Kota Percontohan Otomotif
Gelar Formula E, Pengamat: Jadikan Jakarta Kota Percontohan Otomotif
A A A
JAKARTA - Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna mempertanyakan tujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mengadakan balapan Formula E di Ibu Kota Jakarta. Karena jika hanya sekedar memindahkan balapan Formula E di Jakarta itu merupakan kerja yang sia-sia.

Yayat mengatakan jika balapan Formula E bertujuan mendukung pengembangan industri otomotif berbasis listrik, maka itu harus di sinergikan dengan kebijakan dan keputusan presiden tentang mobil listrik yang belum keluar sampai sekarang. (Baca Juga: Bertaraf Internasional, Formula E Diyakini Tingkatkan Perekonomian Jakarta)

"Jadi kalau konteksnya pengembangan otomotif dibidang kemajuan transportasi listrik itu bagus," ujar Yayat Supriatna saat dihubungi SINDOnews, Jumat (19/7/2019).

Selanjutnya Yayat menuturkan bahwa sampai saat ini belum ada kota di Indonesia yang melakukan pengembangan kendaraan berbasis listrik. Maka itu ia mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk serius dalam menghelat balapan Formula E agar dapat menjadi percontohan bagi kota-kota di Indonesia. (Baca Juga: Anies Baswedan: Alhamdulillah Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E)

"Artinya kalau kita hanya memindahkan Formula E, ya sama saja kita sekedar menjadi tuan rumah dan tidak mendapatkan prestasi," tuturnya.

Terakhir Yayat mengimbau Pemprov DKI, untuk belajar kepada negara Singapura yang notabene berpengalaman dalam menghelat balapan Formula 1 di tengah kota.

"Ajang Formula E jadikan kebanggaan dan menjadi sebuah sebuah prioritas buat kita," imbuhnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4920 seconds (0.1#10.140)