Nihil Kasus Corona, Kelurahan Duri Selatan Tetap Waspada

Jum'at, 01 Mei 2020 - 19:39 WIB
loading...
Nihil Kasus Corona, Kelurahan Duri Selatan Tetap Waspada
Pemprov DKI Jakarta mencatat ada sebanyak tujuh kelurahan yang hingga kini nihil kasus Covid-19. Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mencatat ada sebanyak tujuh kelurahan yang hingga kini nihil kasus Covid-19. Salah satu kelurahan tersebut yakni, Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat. Meskipun satu orang tengah dirawat, namun belum dapat dipastikan apakah psien tersebut terpapar Covid-19 atau tidak.

Lurah Duri Selatan, Guhfri mengatakan, terdapat satu pasien yang masih menunggu hasil dari pihak Sudin Kesehatan Jakbar.
"Belum dapat info dari puskesmas dan sudin kesehatan, sedang ditunggu hasilnya. Mudah-mudahan negatif," kata Guhfri, Jumat (1/5/2020).

Sembari menunggu hasil, Guhfri bersama jajaran ditingkat kelurahan, Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal yang paling dilakukan, yakni mengajak pengurus tingkat RT dan RW rapat bersama membahas pencegahan penyebaran virus Covid-19.

"Dari awal merebaknya wabah Covid 19 ini kami sudah rapat dengan para Ketua RW. Bahasannya terkait apa saja yang harus kami lakukan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Corona ini,” ujar Guhfri. Selain itu, dalam rapat juga disepakati bawa sistem satu arah diberlakukan di kompleks dan gang yang ada di sekitar Kelurahan Duri Selatan.

Di wilayah Duri Selatan terdapat 70 RT yang tersebar di 6 RW, dengan jumlah kepala keluarga mencapai 5.498 KK. Karena itu kedisiplinan tinggi diperlukan untuk memberikan rasa aman dari virus Corona. Selain itu, upaya dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan bergilir ke rumah warga oleh PPSU.

Upaya ketiga, Guhfri menerangkan bila setiap warga yang masuk ke gang rumah atau kompleks selalu di cek suhu tubuhnya. Apalagi warga tersebut habis melaksanakan aktivitas di luar rumah. Salah satu pengecekan suhu dilakukan di wilayah RW 05 yang paling padat penduduknya di Kelurahan Duri Selatan

Selain itu, dia juga mengimbau warganya mencuci tangan dengan sabun usai beraktivitas dan juga menggunakan masker ketika berada diluar rumah. Selain di duri selatan sedikitnya ada tujuh lainnya yang diketahui belum menunjukan positif covid 19. Berikut tujuh kelurahan yang masih nol kasus positif Covid-19 di Jakarta; Kuningan Barat, Jakarta Selatan, satu PDP; Kelurahan Roa Malaka, Jakarta Barat;Duri Utara, Jakarta Barat; Pulau Harapan, Kepulauan Seribu; Pulau Panggang, Kepulauan Seribu: 1 ODP; Pulau Pari, Kepulauan Seribu dan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu (yan yusuf)
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)