Bentrok Massa dan Polisi di Tanah Abang, 99 Orang Perusuh Diamankan

Rabu, 22 Mei 2019 - 13:00 WIB
Bentrok Massa dan Polisi di Tanah Abang, 99 Orang Perusuh Diamankan
Bentrok Massa dan Polisi di Tanah Abang, 99 Orang Perusuh Diamankan
A A A
JAKARTA - Polres Jakbar mengamankan 99 orang perusuh dan bentrok antara massa dan polisi di kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Diduga para perusuh tersebut bukan warga Jakarta tetapi warga dari daerah lain.

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, massa perusuh di kawasan Petamburan, Jakarta Barat. "Kami mengamankan 99 orang dan sekarang sedang di periksa di Polres Jakarta Barat dan sebagian di Polda untuk didalami. Hasil pemeriksaan sementara ini bukan dari Jakarta," ujarnya pada wartawan, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, dari puluhan orang itu, sebagiannya tercium bau alkohol dari mulutnya sehingga mereka cenderung berani melakukan kerusuhan. Polisi bersama FPI, para tokoh, dan ulama juga sejatinya melakukan penghalauan pada massa yang melakukan kerusuhan di kawasan Petamburan, Jakarta Barat. (Baca Juga: Aparat dan Massa Bentrok, Tanah Abang Lumpuh)

"Saat ini mereka diperiksa urinenya, pengalaman kami ketika kehilangan rasa takut, rasa empati pasti ada penyebabnya. Dan kemudian kita juga temukan barang barang kejahatan yang sudah dipersiapkan seperti busur dan bahan bakar," tuturnya.

Dia menerangkan, mereka ada yang berasal dari Tasik, Banten, juga Flores, dan luar kota Jakarta lainnya. Adapun mereka itu pun diketahui sudah mempersiapkan untuk melakukan kerusuhan dengan membawa busur dan bahan bakar untuk membakar. (Baca Juga: Ribuan Pendemo Bersorban dan Pakaian Putih Geruduk Kantor Bawaslu)

"Mereka ini mengincar properti-properti warga dan juga polisi. Tadi juga ada ribut antara warga yang propertinya dibakar dan dirusak hingga terjadi bentrokan," katanya.

Dia menambahkan, polisi pun masih menginventarisir ada tidaknya anggota polisi yang terluka dan jumlah anggota yang terluka itu akibat kerusuhan yang terjadi di kawasan Jakarta Barat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3990 seconds (0.1#10.140)