Sidak Wali Kota Depok Jelang Ramadhan, Harga Bawang Melejit

Kamis, 02 Mei 2019 - 20:13 WIB
Sidak Wali Kota Depok Jelang Ramadhan, Harga Bawang Melejit
Sidak Wali Kota Depok Jelang Ramadhan, Harga Bawang Melejit
A A A
DEPOK - Harga kebutuhan pokok di Kota Depok menjelang bulan puasa Ramadhan mulai mengalami kenaikan. Komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain bawang merah dan bawang putih.

Kenaikan harga itu diketahui ketika Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad melakukan inspeksi dadakan (sidak) di Pasar Agung, Kamis (2/5/2019. Dari sidak itu Idris menemukan harga bawang putih saat ini sebesar Rp60 ribu dan bawang merah Rp48 ribu-50 ribu. Sedangkan harga daging sapi masih tetap sebesar Rp120 ribu, dan telur ayam broiler terpantau normal dengan harga satu kilogram Rp25 ribu.

"Memang mengalami kenaikan harga, tetapi masih di bawah standar harga tingkat Provinsi. Ada beberapa juga yang mengalami penurunan yakni beras," imbuhnya.

Hingga saat ini stok ketersediaan sembilan bahan pokok bagi warga Kota Depok masih tercukupi. Namun, Pemerintah Kota Depok akan mengambil kebijakan mengenai konsumsi yang mampu menyebabkan inflasi.

"Jangan sampai ketersediaan (bahan pokok) cukup namun konsumen lebih banyak di bulan puasa. Tentunya apabila konsumsi banyak, harga akan naik. Apabila kenaikan terlalu drastis akhirnya masyarakat tidak mampu beli, sehingga terjadilah inflasi," tukasnya.

Pemkot Depok akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai kebijakan tersebut. Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu memastikan sebelum Ramadhan tidak ada penimbunan dan konsumsi belanja masyarakat yang berlebih.

Selain itu, ke depan selama bulan puasa Ramadhan, akan rutin dilakukan operasi pasar dan gebyar sembako murah. "Kita selalu rutin untuk operasi pasar, sebulan dua kali. Intinya berbagai cara akan kita lakukan untuk menstabilkan inflasi yang kemungkinan terjadi," ucapnya.

Selanjutnya, ketersediaan gas elpiji juga terpantau aman. Koordinasi dengan PT Gas dan Pertamina juga tetap dilakukan. Ia mengimbau selama bulan Ramadhan para pedagang makanan menghormati masyarakat yang tengah berpuasa.

Bagi para pedagang musiman, pihaknya telah menyiapkan Tim Satuan Polisi Pamong Praja untuk melakukan penertiban.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5246 seconds (0.1#10.140)