DKI Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman

Senin, 29 April 2019 - 21:36 WIB
DKI Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman
DKI Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Selama Ramadhan dan Idul Fitri Aman
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memastikan kesiapan dan ketersedian bahan pangan menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Pemprov DKI meyakini
stok kebutuhan pokok untuk warga Jakarta aman.

Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, Pemprov DKI bersama SKPD dan BUMD akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan instansi terkait guna mengantisipasi kelangkaan stok bahan pangan, pengendalian harga dan mempersiapkan pasar murah.
"Dipastikan stok kebutuhan pokok untuk warga Jakarta selama Ramadhan dan Idul Fitri) sudah disiapkan dengan bagus," kata Saefullah usai rapat TPID tentang ketahanan pangan di Balai Kota Jakarta, pada Senin (29/4/2019).

Menurut Saefullah, BUMD pangan milik DKI Jakarta, yakni PD Dharma Jaya, Perumda Pasar Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya menyatakan kesiapannya dalam menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2019. Ketiga BUMD ini bertugas untuk mempersiapkan ketersediaan stok, mengontrol pasokan pangan, dan melakukan kegiatan pasar murah melalui sinergi antar BUMD Pangan.

Bentuk dari upaya BUMD milik Jakarta dalam menjaga stok bahan pangan terlihat dari PT Food Station Tjipinang Jaya telah menyiapkan sekitar 200 ton beras, 1.000 ton telur ayam, 1.000 ton ikan kembung, 2,4 juta liter susu, 500 ton tepung terigu dan 600 ton gula pasir. Kemudian, dalam menjaga stok daging sapi di DKI Jakarta, PD Dharma Jaya akan mulai mempersiapkan stok daging sapi sebanyak 1.080 ton dan daging ayam sebanyak 1.000 ton.

"Untuk mendekatkan kebutuhan pokok kepada masyarakat, nanti akan kita lakukan operasi pasar murah dan bazar di kelurahan, kecamatan, kota," ujarnya.

Saefullah melanjutkan, pemenuhan kebutuhan ternak dan daging untuk Ramadhan, pihaknya menerima pengiriman sapi dari NTT sebanyak 800 ekor dan impor daging sapi dari Australia 1.080 ton pada Mei hingga Juni 2019. Sedangkan, Perumda Pasar Jaya akan mempersiapkan komoditas pangan berupa beras, bawang putih, cabe, bawang daging sapi dan daging ayam untuk menghadapi bulan puasa dan lebaran.

"Pasokan pangan menjelang dan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2019 relatif aman dan terkendali," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5860 seconds (0.1#10.140)