Libur Panjang 1 Muharam, Jalur Puncak Bogor Dipadati Kendaraan Wisatawan

Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:27 WIB
loading...
Libur Panjang 1 Muharam, Jalur Puncak Bogor Dipadati Kendaraan Wisatawan
Libur panjang yang ditetapkan pemerintah sebagai cuti bersama Tahun Baru Islam, banyak dimanfaatkan warga Jabodetabek untuk rekreasi ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.Foto/SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Libur panjang yang ditetapkan pemerintah sebagai cuti bersama Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah, banyak dimanfaatkan warga Jabodetabek untuk rekreasi ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/08/2020). Akibatnya sejak pagi hingga siang hari jalur Puncak terus dipadati ribuan kendaraan, baik dari arah Jakarta via tol Jagorawi maupun Kota Bogor menuju Puncak.

Begitu pula sebaliknya dari arah Cianjur menuju Puncak, Bogor juga terpantau arus lalu lintas di kawasan Puncak Pass hingga Masjid Atta'awun padat merayap. Untuk mengurai kepadatan, selain mengerahkan 360 personel gabungan yang disiagakan di sejumlah titik rawan macet, Polres Bogor memberlakukan one way pada pukul 12.30 WIB dari Puncak ke Jakarta.

Kepala Biro Operasional Lalu Lintas Polres Bogor, Iptu Ketut Agung saat ditemui di Pos Polisi 2B Simpang Gadog, menuturkan sejak pagi hingga siang, arus lalu lintas di jalur Puncak cenderung ramai. "Kita tadi pagi sudah berlakuan sistem one way dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak. Saat ini pukul 12.30 WIB, kita akan coba dorong satu arah dari Puncak menuju Jakarta," kata Iptu Ketut.

Dia menambahkan, volume kendaraan memang terpantau padat pada pagi hari. Namun demikian, dibandingkan libur Hari Kemerdekaan Senin (17/08/2020) kemarin, volume kendaraan relatif lebih sedikit hari ini. Pihaknya memprediksi puncak arus wisata akan terjadi Jumat (21/08/2020) Agustus 2020, bertepatan cuti bersama dan libur akhir pekan .(Baca: Korlantas: Hindari Penumpukan Kendaraan Rest Area Diberlakukan Buka Tutup)

Sehingga kemacetan yang disebabkan pertemuan antara kendaraan wisatawan yang akan pulang dan kendaraan wisatawan yang baru akan berangkat terjadi. Berdasarkan pantauan, arus lalu lintas di jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog hingga Cipayung dan Megamendung ramai lancar. Namun demikian, di beberapa titik terjadi antrean antrean kendaraan dikarenakan banyak kendaraan keluar masuk penginapan dan obyek wisata yang ada di kawasan Megamendung dan Cisarua.

Sebelumnya Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda menuturkan, 360 personel gabungan itu mulai dikerahkan untuk pengamanan di jalur Puncak selama libur panjang cuti bersama tahun baru Islam (20-23 Agustus 2020). "Mereka kita siagakan di 10 titik rawan macet. Ratusan personel gabungan tersebut terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan hingga BPBD Kabupaten Bogor. Mereka ditempatkan mulai dari Simpang Gadog hingga Masjid Attaawun," katanya.

Fitra memprediksi hari Kamis dan Jumat merupakan puncak arus wisatawan yang berlibur di kawasan Puncak. Namun, untuk puncak kemacetan diprediksi terjadi hari Sabtu."Hari Sabtu titik kepadatan Jalur Puncak karena pertemuan antara arus wisatawan yang mengarah ke Puncak dengan arus balik ke Jakarta," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)