Pilkada Bekasi 2024, Elektabilitas Kusnanto Saidi Tertinggi di Media Sosial

Selasa, 04 Juni 2024 - 19:11 WIB
loading...
Pilkada Bekasi 2024, Elektabilitas Kusnanto Saidi Tertinggi di Media Sosial
Elektabilitas Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Kusnanto Saidi di media sosial dan media online menduduki peringkat teratas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Kusnanto Saidi di media sosial dan media online menduduki peringkat teratas. Hal itu berdasarkan hasil survei REQComm terkait bursa calon wali kota Bekasi dalam Pilkada 2024 Kota Bekasi.

Berdasarkan data analisis elektabilitas yang berhasil dikumpulkan REQComm pada periode 1 Maret hingga 31 Mei 2024, nama Kusnanto Saidi (KS) di media sosial dan media online berada pada posisi teratas di antara 10 kandidat bakal calon yang memiliki nama besar untuk maju dalam Pilkada Kota Bekasi.

Pakar Strategic Communication Mass Tuhu Nugraha menilai, jika berkaca pada data tersebut, Kusnanto Saidi dinilainya memiliki peluang besar untuk maju dalam pilkada. Analisis tersebut bisa menjadi acuan dan modal besar bagi Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid itu untuk maju sebagai kepala daerah.



"Kalau melihat data ini, maka ini memberikan indikasi peluang besar ada di Kusnanto Saidi versi media online untuk saat ini. Ini bisa menjadi modal untuk pilkada," kata Tuhu (4/6/2024).

Tuhu menyebut tren positif yang diraih Kusnanto Saidi tersebut perlu dipertahankan momentumnya untuk terus naik, mengingat pilkada masih beberapa bulan lagi. "Karena pilkada masih November 2024 jadi banyak hal masih bisa terjadi. Di sisi lain, data dari media online ini, sekali lagi jadi modal awal peluang, tapi juga bukan penentu," katanya.



Menurut Tuhu, pihak Kusnanto Saidi harus mencermati apakah sentimen di media online mewakili populasi Bekasi atau tidak, serta harus melihat juga bagaimana perilaku pemilih ketika di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Jadi harus dilihat keseluruhan, dan diintegrasikan dengan data-data dari kanal lainnya, untuk bisa melihat datanya lebih utuh. Atau bagaimana memanfaatkan momentum dari online spill over ke kanal-kanal yang lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, data tersebut merupakan hasil analisis elektabilitas Kusnanto Saidi di media sosial dan media online yang dilakukan oleh REQcomm terhadap ke-10 tokoh yang memiliki nama untuk maju dalam Pilkada Kota Bekasi, Jawa Barat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4379 seconds (0.1#10.140)
pixels