Kirab Pancasila Curi Perhatian Ribuan Warga Jakarta

Minggu, 26 Mei 2024 - 15:06 WIB
loading...
Kirab Pancasila Curi Perhatian Ribuan Warga Jakarta
Kirab Pancasila yang bertajuk Dari Jakarta ke Nusantara ini digelar oleh BPIP dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024. Foto/BPIP
A A A
JAKARTA - Ada yang berbeda pada Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta hari ini. Sayup-sayup suara drumband sudah terdengar dari kawasan stasiun BNI. Drumband dari para Praja IPDN tersebut semakin nyaring, seiring dengan iring-iringan kirab bergerak dari Patung Jenderal Soedirman.

Tak hanya Drumband IPDN, puluhan seniman Tanjidor khas Betawi juga turut memeriahkan Kirab Pancasila dengan lagu-lagu Nusantara. Bukan hanya para pemuda, para personel Tanjidor ini juga banyak yang sudah senior, engkong-engkong yang asyik ‘ngibing’ sembari memainkan terompetnya.



Kirab Pancasila yang bertajuk “Dari Jakarta ke Nusantara” ini digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menuturkan kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Pancasila sebagai anugerah bagi Bangsa Indonesia.

“(Kegiatan ini) untuk mengingatkan kembali kepada anak bangsa bahwa kita punya Pancasila yang sudah terbukti membebaskan kita dari penjajahan dan mempersatukan kita dalam NKRI. Di situ, kita sederajat di mata hukum. Oleh karena itu, kalau kita pakai bahasa agama, kita ini perlu bersyukur,” ujarnya, Minggu (26/5/2024).

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Dr Rima Agristina menjelaskan Kirab Pancasila ini sebagai upaya BPIP untuk mengajak masyarakat agar tetap harmonis dalam perbedaan Bangsa Indonesia.

“Hari ini, BPIP melaksanakan Kirab Pancasila. Menyampaikan juga pesan kepada masyarakat bahwa tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045’. Oleh karena itu, kita mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan, kekompakan, gotong royong dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Rima.

Ribuan masyarakat yang hadir di CFD Jakarta nampak antusias menyaksikan miniatur Indonesia disajikan dalam tampilan Kirab Pancasila tersebut. Ada yang swafoto, membagikannya di media sosial, bahkan mendekat langsung kepada para peserta kirab.

“Menarik banget yah. Tadi ada atraksi juga dari para pesertanya. Sering-sering bikin acara kaya gini supaya kita selalu ingat Pancasila dan Indonesia yang beragam,” ujar Riya, salah seorang warga Jakarta.

Kirab Pancasila tahun ini dimeriahkan pula oleh Paskibraka Pusat 2023 yang berbaris rapi dan membawa bendera Merah Putih sepanjang 300 meter. Mereka akan bertugas mengibarkan Sang Merah Putih dalam Upacara Kenegaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 yang akan digelar di Blok Rokan, Dumai, Provinsi Riau, 1 Juni 2024 mendatang.



Pemerintah mengimbau masyarakat untuk dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 melalui TV nasional, kanal YouTube BPIP, dan BPMI Setpres, maupun mengikuti upacara di instansinya masing-masing.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6471 seconds (0.1#10.140)
pixels