PT KAI Siapkan Wi-Fi Gratis di Peron Stasiun dan Gerbong

Rabu, 27 Februari 2019 - 22:21 WIB
PT KAI Siapkan Wi-Fi Gratis di Peron Stasiun dan Gerbong
PT KAI Siapkan Wi-Fi Gratis di Peron Stasiun dan Gerbong
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat inovasi dengan menyediakan fasilitas akses internet nirkabel atau Wi-Fi gratis di peron-peron yang ada di stasiun kereta api. Untuk mewujudkan layanan itu, PT KAI menjalin kerja sama dengan PT Pulau Pulau Medi (MacroAd).

Direktur Komersial PT KAI (Persero) Dody Budiawan bersama Direktur Operasional MacroAd Rudi Chandra hari ini meresmikan secara simbolis fasilitas Wi-Fi yang dinamakan Wifi MacroAd di Stasiun Juanda, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Rencananya layanan Wi-Fi gratis ini akan diuji coba pada musim mudik Lebaran nanti.

Dody Budiawan mengatakan, dengan adanya layanan Wi-Fi gratis, baik di dalam stasiun maupun di gerbong kereta api, diharapkan membuat penumpang merasa nyaman saat sedang menunggu kedatangan kereta, atau selama dalam perjalanan.

"KAI bersama MacroAd berharap dengan kerja sama tersebut dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta api,” ujarnya saat jumpa pers di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Rudi Chandra dalam kesempatan yang sama menjelaskan, kerja sama antara PT KAI dengan MacroAd merupakan salah satu bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dalam mengembangkan digital ekosistem yang mencerdaskan publik pengguna transportasi massal.

Nantinya, pengguna atau penumpang yang memanfaatkan jasa layanan angkutan kereta api akan dimanjakam dengan fasilitas internet berkecepatan tinggi hingga 250 mbps sambil menunggu kedatangan kereta api di stasiun kereta api. (Baca juga: 12 Pasar Tradisional di Jakarta Akan Dipasang Wi-Fi Gratis)

Hingga saat ini sedikitnya 46 stasiun yang tersebar di wilayah Daerah Operasi (Daop) I Jakarta dan sekitarnya sudah terpasang Wifi MacroAd. Sedangkan 37 stasiun lainnya di wilayah Jabodetabek akan terpasang Wifi MacroAd sekitar akhir Maret 2019.

Penggunaan fasilitas Wifi MacroAd dapat dilakukan dengan cara proses registrasi terlebih dahulu, dimana para pengguna fasilitas internet hanya tinggal memasukkan nomor telepon dan tanggal lahir.

Selanjutnya, penumpang dapat langsung menggunakan Wi-Fi tersebut secara gratis selama 30 menit pertama. Namun jika para pengguna Wi-Fi masih ingin menggunakan internet maka hanya tinggal melakukan login ulang.

Rencananya dalam waktu dekat Wi-Fi gratis itu akan dipasang di berbagai stasiun untuk melayani KA jarak jauh dan juga kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek. Fase pemasangan Wi-Fi gratis untuk KA jarak jauh dimulai dengan 100 gerbong kereta KA Argo Parahyangan relasi Jakarta-Bandung Pergi Pulang (PP).

Selanjutnya PT KAI bersama MacroAd rencananya memasamg Wi-Fi di seluruh stasiun yang dilewati KA Argo Parahyangan. Mereka juga akan memasang Wi-Fi gratis di 40 rangkaian KRL Commuter Line. Selanjutnya Wi-Fi tersebut akan dipasang di sejumlah stasiun KA jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1971 seconds (0.1#10.140)