Libur Panjang Tahun Baru Islam, Polda Metro Jaya Dirikan 25 Pospam

Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:02 WIB
loading...
Libur Panjang Tahun Baru Islam, Polda Metro Jaya Dirikan 25 Pospam
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario dalam menghadapi libur panjang Tahun Baru Islam pada Kamis (20/8/2020) ini. Sebanyak 25 pospam disiapkan di sejumlah titik mengantipasi kepadatan volume kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, mengantisipasi lonjakan kendaraan libur panjang pihaknya menyiapkan 25 titik pospam yang tersebar dibeberapa wilayah. Titik pospam tersebut di antaranya di Cikunir 5, Rest Area Km 19, Cikarang Utama Km 29, Rest Area Km 33, Rest Area Km 39, Rest Area Kunciran Km 13, dan Exit Tol Cibubur. Sedangkan pospam arus balik ada di Cikunir 2, Rest Area Km 6 dan Rest Area Karang Tengah.

"Kami juga akan laksanakan skenario lain dalam mengaur kepadatan arus lalu lintas, rekayasa yang akan dilakukan mulai dari buka tutup jalur dan juga contra flow," ujar Sambodo pada Rabu (19/8/2020). (Baca: 749 Personel Ditlantas Polda Metro Disiagakan Hadapi Libur Panjang)

Dia menegaskan, selain pengadaan pospam di jalan tol pihaknya juga membuka di beberapa jalan arteri, bandara, dan juga stasiun. Seperti, Jalan Pangkalan Jati, BCP, Ganda suka, Bandara Halim dan Bandara Soekarno Hatta, Stasiun Gambir, Senen dan Jatinegara. "Seluruh lokasi pemberangkatan akan kami buka pospam juga," tegasnya. Menurut Sambodo, seluruh sekanrio juga telah disiapkan untuk mengatasi kepadatan arus mudik yang akan terjadi Rabu (19/8/2020) dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Minggu (23/8/2020) mendatang.

Selain contra flow, pihaknya juga akan berkordinasi dengan Jasa Marga untuk melakukan buka tutup rest area sehingga tidak akan terjadi antrean. "Kalau dengan Korlantas ada rekayasa seperti one way, namun untuk kebijakan ini akan melihat terlebih dahulu kepadatan kendaraan," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)