Ulah Orang Iseng, Asap Tebal di Tol Jagorawi Bikin Panik

Selasa, 18 Agustus 2020 - 17:11 WIB
loading...
Ulah Orang Iseng, Asap Tebal di Tol Jagorawi Bikin Panik
Petugas Damkar Kota Depok melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi. Foto: Ist
A A A
DEPOK - Asap tebal terlihat di ruas Tol Jagorawi KM 17, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Depok, Selasa (18/8/2020). Usut punya usut, ternyata asap tebal itu bersumber dari sampah yang dibakar di bawah kolong terowongan tol.

“Ketahuannya pas asap sudah hitam dan bau ban dibakar. Warga panik, takut ada apa-apa di jalur tol, karena asapnya naik ke atas. Saya langsung bilang ke pengurus lingkungan untuk datangkan pemadam kebakaran ,” kata Karsono, saksi mata yang berjualan di sekitar lokasi.

Karsono mengaku tidak tahu awalnya sumber asap tersebut. Dia tahu setelah terlihat asap tebal membumbung tinggi. Setelah petugas datang baru ketahuan sumbernya dari pembakaran sampah. (Baca juga: Ban Pecah, Mobil Pengangkut Belasan Kambing Kurban Alami Kecelakaan di Tol Jagorawi)

Adapun jenis sampah yang terbakar adalah plastik, bekas tebangan pohon, serta ban bekas, sehingga menimbulkan asap tebal. “Kalau menurut saya ada yang bakar sampahnya, karena tahu-tahu asap sudah naik ke atas (tol) dengan cepat,” tukasnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok Denny Romulo membenarkan bahwa sumber asap berasal dari sampah yang dibakar.

Begitu mendapat laporan pihaknya langsung melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi. Luas area yang terbakar sekitar 150 meter persegi dari 300 lahan (Baca juga: Gara-gara Bakar Sampah, 9 Bangunan Semi Permanen Ludes Dilalap si Jago merah)

“Jadi peristiwa ini berawal dari orang bakar sampah dan merembet ke tempat tumpukan ban bekas. Tapi kita responsif cepat memadamkan api, sehingga tak menimbulkan kerugian besar dari pembakaran sampah ini,” tuturnya.

Pihaknya belum mengetahui siapa orang yang membakar sampah tersebut. “Kami menduga ada orang iseng yang bakar sampah. Kami mengira sampah itu sudah 1 jam dibakar baru besar ke atas jembatan,” pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)