alexametrics

Longsor di 4 Titik, Kereta Api Bogor-Sukabumi Hanya Sampai Cigombong

loading...
Longsor di 4 Titik, Kereta Api Bogor-Sukabumi Hanya Sampai Cigombong
Salah satu titik longsor di jalur kereta api Bogor-Sukabumi.Foto/SINDOnews/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor pada Rabu, 2 Januari 2018 kemarin, membuat tanah di empat titik jalur Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi longsor. Akibatnya jadwal perjalanan KA Pangrango, Kamis (3/1/2019) dibatalkan dan hanya melayani hingga Stasiun Cigombong.

Informasi dihimpun menyebutkan longsor itu terjadi pukul 14.00 WIB kemarin, saat hampir seluruh wilayah Bogor diguyur hujan deras dan gerimis. "Saat ini Polsek Cijeruk sudah melaksanakan evakuasi tanah longsor di dua titik jalur KA Sukabumi-Bogor, tepatnya di KM 12 + 700 LK panjang longsorannya 40 meter dan 10 meter," ungkap Kasubbag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, Kamis (03/01/2019).

Menurut Ita, lokasi tersebut tepatnya berada di Kampung Bojong Menteng, Desa Cibalung, Cijeruk, Kabupaten Bogor. Adapun penyebab longsor di sekitaran TKP karena terjadi hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Sehingga saat kejadian, dipastikan layanan KA Sukabumi-Bogor hanya sampai Stasiun Cigombong. Hingga Kamis siang pukul 13.00 WIB, pihak PT KAI masih melakukan perbaikan dibantu petugas Polsek Cijeruk.



Sementara itu, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo menjelaskan, berdasarkan laporan petugas dilapangan tercatat ada empat titik longsor di jalur lintas Bogor-Sukabumi yang mengganggu perjalanan KA.
"Titik longsor tersebut, yakni di petak jalan Bogor-Maseng tepatnya di Km. 12 + 700, 12 + 200/300, 11 + 00/100, 11 + 200/300 dengan kedalaman 7 meter," jelas Edy kepada wartawan.

Dia mengungkapkan, untuk mengatasi gangguan tersebut, pihaknya telah menerjunkan tim dan hingga saat ini masih dalam penanganan unit terkait.
"Kita masih berusaha untuk meminimalisir terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi," ujarnya.
Longsor di 4 Titik, Kereta Api Bogor-Sukabumi Hanya Sampai Cigombong

Menurutnya, akibat kejadian itu pelayanan perjalanan KA Bogor-Sukabumi hanya bisa sampai Stasiun Maseng. Pemotongan relasi ini akan dilakukan sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA. "Sedangkan hari ini hingga perbaikan selesai, KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Cigombong saja. Sedangkan KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi berjalan dari Stasiun Cigombong," jelasnya.

Bagi penumpang yang sudah mempunyai tiket KA Pangrango dengan relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya tiket bisa dibatalkan di stasiun terdekat dan dikembalikan 100%.

"Apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli tiket kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya saja," ujarnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak