Rest Area Km 57 Kerap Penuh, Pemudik Harus 3 Kali Berputar Baru Dapat Parkir

Kamis, 11 April 2024 - 11:36 WIB
loading...
Rest Area Km 57 Kerap Penuh, Pemudik Harus 3 Kali Berputar Baru Dapat Parkir
Rest area Km 57 ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menjadi tempat peristirahatan favorit bagi para pengendara dari Jakarta yang mengarah ke timur Pulau Jawa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Rest area Km 57 ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menjadi tempat peristirahatan favorit bagi para pengendara dari Jakarta yang mengarah ke timur Pulau Jawa. Sehingga tidak jarang rest area tersebut penuh oleh para pengendara saat musim arus mudik Lebaran .

Salah satu pemudik asal Jakarta tujuan Cirebon, Sahirul Alim mengaku sudah tiga kali mengililingi rest area Km 57 untuk memarkirkan kendaraannya. Akhirnya hal itu berdampak pada penambahan waktu tempuh perjalanan mudiknya.


"Kalau Idulfitri over load karena memang banyak kendaraan juga dari Jakarta untuk mudik, itu hampir setiap tahun, tapi hari biasa kosong. Walaupun memang harus muter muter dulu, nyari yang kosong, saya 3 kali muter baru dapat parkir sanking padatnya," ujar Sahirul Alim kepada MNC Portal di Rest Area Km 57, Rabu (10/4/2024).

Pemudik asal Jakarta tujuan Gunung Kidul Yogyakarta, Jamal juga mengeluhkan hal yang serupa. Menurutnya, operator jalan tol masih perlu untuk menambah kapasitas rest area agar cukup untuk menampung para pengendara yang hendak beristirahat.

"Kalau untuk musim Lebaran gini kayaknya masih kurang ya kalau bisa diperluas lagi, karena banyak orang yang belum dapat parkir. Jadi orang mau buang air juga susah gitu," jelasnya.

Di satu sisi, Jamal menilai soal fasilitas di rest area sendiri hingga saat ini sudah cukup memadai, mulai dari ketersediaan tempat ibadah, warung makan, hingga stasiun pengisian bahan bakar yang selalu tersedia.

"Cuma yang kurang lahan parkirnya aja. Mungkin karena musim mudik juga jadi over kapasitas," lanjutnya.


Pengemudi lain, Mahesa yang melakukan mudik bersama keluarga dari Jakarta ke Kebumen juga keluhkan hal serupa. Menurutnya, kondisi rest area pada hari H Lebaran ini sangat padat disambangi oleh pengendara.

"Ini saja padet, susah nyari parkir. Tapi kalau dari sisi Fasilitas sih bagus ya," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)