Pemudik Meningkat, Stasiun Pasar Senen Siapkan Sejumlah Fasilitas dan Pos Pungli

Jum'at, 05 April 2024 - 17:02 WIB
loading...
Pemudik Meningkat, Stasiun Pasar Senen Siapkan Sejumlah Fasilitas dan Pos Pungli
Stasiun Pasar Senen makin dipadati pemudik jelang H-5 Lebaran. Mulai tua, muda, dan keluarganya mereka, pun tampak tak sabar ingin mengunjungi kampung halaman. Foto/Devi Pattricia/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Stasiun Pasar Senen semakin dipadati pemudik jelang H-5 Lebaran. Mulai dari tua, muda, bahkan keluarga pun ikut tampak tak sabar ingin segera mengunjungi kampung halaman.

Bahkan per hari ini, 5 April 2024, Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 38 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan total penumpang mencapai 26.479 orang. Angka tersebut terus meningkat dari hari-hari sebelumnya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia DAOP 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan, Stasiun Pasar Senen telah menyediakan fasilitas untuk para pengunjung agar bisa dapat menunggu giliran keberangkatan dengan nyaman.



Fasilitas ini pun tersedia bagi orang dewasa, khususnya kaum millenials yang ingin bekerja sembari menunggu kedatangan kereta, mereka bisa bekerja, membaca ataupun sekadar mengisi ulang baterai ponsel di coworking space yang disediakan.

"Kami di Stasiun Pasar Senen juga meningkatkan pelayanannya. Untuk di Stasiun Pasar Senen sendiri ada coworking yang bisa untuk kerja, main, ngecas, dan untuk baca," kata Ixfan kepada MNC Portal Indonesia saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jumat (5/4/2024).

Tak sampai di situ, bagi keluarga yang membawa anak-anak untuk mudik juga disediakan tempat bermain anak yang berada di tengah stasiun.

Sedangkan untuk para pemudik yang merasa kurang sehat tapi dalam kondisi yang tidak terlalu membahayakan. Pemudik bisa memeriksa kesehatannya di bagian dalam pintu masuk

Selain itu, untuk meminimalisir penipuan dati calo-calo tiket yang beredar dan menjajakan tiket kepada calon menumpang, Stasiun Pasar Senen juga menyediakan posko pengaduan pungli.

"Kami berkolaborasi dengan pemerintah daerah Pemprov DKI ini ada Pos Pelayanan Pengaduan Pungli ini sifatnya preventif sampai saat ini alhamdulillah di wilayah DAOP 1 Pasar senen tidak ada isu untuk tindakan melakukan percaloan," ujarnya.

Pos Pelayanan Pengaduan Pungli ini juga ikut dijaga oleh pihak-pihak keamanan atau pihak berwajib seperti polisi dan juga TNI.

Oleh karenanya, Ixfan mengimbau seluruh pemudik yang berangkat atau berada di Stasiun Pasar Senen untuk berani melaporkan jika menemukan adanya calo-calo tiket di sekitarnya.

"Jadi warga masyarakat yang mengalami tindakan-tindakan pungli bisa lapor langsung dapat lapor di tempat tersebut karena disitu sudah ada poskonya," tutup Ixfan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)