Berbiaya Rp56 Miliar, Ini Desain Revitalisasi 3 JPO di Jalan Sudirman

Jum'at, 02 November 2018 - 16:30 WIB
Berbiaya Rp56 Miliar, Ini Desain Revitalisasi 3 JPO di Jalan Sudirman
Berbiaya Rp56 Miliar, Ini Desain Revitalisasi 3 JPO di Jalan Sudirman
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mulai mengerjakan revitalisasi tiga jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Ketiga JPO itu, yakni JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno (GBK), dan JPO Bundaran Senayan/Ratu Plaza, dengan biaya puluhan miliar rupiah.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo, mengatakan, untuk revitalisasi ketiga JPO telah disiapkan anggaran sebesar Rp56 miliar yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di sekitar Jalan Jenderal Sudirman. Rinciannya, anggaran JPO Bundaran Senayan Rp17,4 miliar, JPO Gelora Bung Karno Rp18,5 miliar, JPO Polda Metro Jaya Rp19,3 miliar, dan jasa konsultan sekitar Rp1 miliar.

Tiga JPO yang direvitalisasi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman itu diklaim lebih modern dibanding JPO-JPO yang sudah ada sebelumnya di Ibu Kota. Selain dilengkapi kamera closed circuit television (CCTV) yang terkoneksi internet, ketiga JPO akan dilengkapi lift, sollar cell, serta sangat nyaman untuk kaum disabilitas. Desain JPO ini mencerminkan semangat Jakarta sebagai kota yang maju.

"Konsep pembangunan ketiganya tidak jauh berbeda. Selain dilengkapi lift, solar cell, dan CCTV, JPO nantinya akan memberikan kenyaman dan keamanan bagi masyarakat jakarta, khususnya kaum disabilitas," ujar Heru, Jumat (2/11/2018). (Baca juga: DKI Mulai Percantik Tiga JPO Super Sibuk di Kawasan Sudirman)

Menurut Heru, pembangunan ketiga JPO akan dilakukan secara bertahap. Pembongkaran untuk JPO Polda dilakukan sejak Kamis (1/11/2018) malam. Lalu pembongkaran JPO Bundaran Senayan pada Minggu (4/11/2018), dan JPO GBK pada Jumat (16/11/2018).

Sementara itu, untuk pemasangan material, JPO Polda akan dilaksanakan pada Minggu (11/11/2018), JPO Bundaran Senayan pada Kamis (15/11/2018), dan JPO GBK pada Selasa (27/11/2018). Pembangunan ketiga JPO ditargetkan selesai akhir Desember 2018.

Sembari pembongkaran dan revitalisasi JPO berjalan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan membangun pelican cross di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan agar pembangunan JPO tidak mengganggu aktivitas warga. Diketahui, ketiga JPO tergolong super sibuk alias banyak dilalui orang setiap harinya.

“JPO Polda Metro dan GBK akan dibangun satu pelican cross dan satu lagi di JPO Bundaran Senayan,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2380 seconds (0.1#10.140)