Berjalan di Trotoar Salemba, Anies Ajarkan Masyarakat Merawat Fasilitas

Sabtu, 20 Maret 2021 - 05:00 WIB
loading...
Berjalan di Trotoar Salemba, Anies Ajarkan Masyarakat Merawat Fasilitas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan di trotoar Jalan Salemba Raya, Jumat (18/3/2021). Foto/Istimewa/Facebook @Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan di trotoar Jalan Salemba Raya, Jumat (18/3/2021). Berjalan kaki di trotoar dinilai cara terbaik merawat fasilitas publik.

Hal itu diceritakan Anies dalam akun isntagramnya @aniesbaswedan. Dia membagikan sejumlah foto dirinya sedang berjalan di atas trotoar Jalan Salemba. (Baca juga; Ketua DPRD DKI Sebut Anies Baswedan Teken Kepgub Rumah DP 0 Rp )

"Jalan-jalan ke Salemba, meninjau hasil pengerjaan dan penggunaan trotoar Jalan Salemba Raya yang telah tuntas direvitalisasi menjadi Complete Street pada tahun 2019. Revitalisasi dilakukan berbarengan dengan ruas Kramat Raya dan Cikini Raya, sebagai salah satu ruas jalan bersejarah di Jakarta," kata Anies.

Anies menjelaskan, Konsep Penataan Complete Street adalah penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pengguna jalan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum. (Baca juga; Dilarang Main Skateboard di Trotoar, Wagub DKI: Kan Sudah Disiapkan Tempatnya )

Trotoarnya kini lebih lebar, dilengkapi ubin pemandu, bolard untuk mencegah motor/ mobil naik ke trotoar, bangku, manhole utilitas bawah tanah, way finding, signage penunjuk arah/ rute transportasi, halte, bangku dan lampu jalan. Menurut Anies, pada 2021, sedikitnya akan ada 10 ruas jalan lainnya yang akan direvitalisasi menjadi complete street juga.

"Cara terbaik merawat fasilitas publik adalah dengan memanfaatkannya. Bagi teman-teman yang sehari-hari berkegiatan melewati trotoar Salemba ini silakan laporkan lewat JAKI bila melihat fasilitas yang rusak atau mengganggu. Pada tahun 2021 ini akan ada 10 . Teman-teman, ada yang tahu di mana saja?," tanya Anies.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)