alexametrics

Komnas PA Beri Polres Jaksel Penghargaan Peduli Anak

loading...
Komnas PA Beri Polres Jaksel Penghargaan Peduli Anak
Komnas PA memberikan penghargaan peduli anak pada Polres Jakarta Selatan. Adapun penyerahan penghargaan itu dilakukan di halaman Polres Jakarta Selatan pada Sabtu (20/10/2018). Foto/SINDOnews/Ari Sandita
A+ A-
JAKARTA - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) memberikan penghargaan peduli anak pada Polres Jakarta Selatan. Adapun penyerahan penghargaan itu dilakukan di halaman Polres Jakarta Selatan pada Sabtu (20/10/2018) ini.

Ketua Konnas PA, Arist Merdeka Sirait memberikan langsung piagam penghargaan itu pada Polres Jakarta Selatan. Ada sejumlah alasan penghargaan itu diberikan, misalnya saja Polres Jaksel mau bekerja sama bersama Komnas PA membuat nota kesepahaman sejak setahun lalu tentang penanganan kasus yang melibatkan anak-anak.

Adapun nota kesepahaman kerjasama itu dimaksudkan pula agar memperlancar pengajuan kasus tindak pidana ke Kejaksaan sehingga penanganan anak yang berhadapan dengan hukum menjadi menjadi lebih cepat dengan adanya kerjasama itu.

"Kasus anak berhadapan dengan hukum terus meningkat, khususnya anak yang menjadi korban, bukan hanya di usia 7 atau 8 tahun misalnya, tapi juga ada balita sehingga dukungan dalam penanganannya pun harus ada," ujarnya di Mapolres Jaksel, Sabtu (20/10/2018).

Menurutnya, selama setahun itu Polres Jaksel pun telah menangani 32 kasus. Selain itu, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Jaksel pun mampu menangani kasus yang melibatkan anak dengan ramah anak.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar menerangkan, penanganan kasus anak itu memang dilakukan secara khusus karena memang undang-undangnya pun khusus. Adanya kerjasama dengan Komnas PA pun memudahkan polisi dalam menangani kasus anak.

Pasalnya, paparnya, Komnas PA bakal mendampingi anak yang tengah berhadapan dengan hukum itu. Begitu juga dengan penanganan psikologisnya sehingga hal tak diinginkan yang mungkin terjadi pada diri si anak itu bisa diatasi.

"Seperti diketahui, tak sedikit anak melakukan pidana dengan cara-cara tak biasa, atau anak menjadi korban. Meski proses hukum tetap berlanjut, artinya butuh penanganan khusus, baik mentalnya dan semacamnya," katanya.

Polisi, tambahnya, mengapresiasi penghargaan yang diberikan Komnas PA tersebut. Meski mendapatkan penghargaan, tak serta merta Polres Jakarta Selatan menjadi surut semangatnya dalam menangani kasus anak. Ke depan pihaknya bakal terus menjalin kerjasama dengan Komnas PA dan lembaga lainnya dalam menangani kasus anak serta terus melakukan evaluasi-evaluasi pada kasus-kasus anak agar penanganannya menjadi lebih baik.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak