Polisi Kerahkan 2.364 Personel Gabungan Amankan Demo di Jakarta Hari Ini

Senin, 18 Maret 2024 - 08:32 WIB
loading...
Polisi Kerahkan 2.364 Personel Gabungan Amankan Demo di Jakarta Hari Ini
Polisi mengerahkan sebanyak 2.364 personel gabungan untuk mengamankan aksi demo yang bakal dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat di beberapa titik di Jakarta, Senin (18/3/2024). FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polisi mengerahkan sebanyak 2.364 personel gabungan untuk mengamankan aksi demo yang bakal dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat di beberapa titik di Jakarta, Senin (18/3/2024). Beberapa titik unjuk rasa antara lain Kantor KPU, Bawaslu, dan Gedung DPR.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan ribuan personel pengamanan berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait.

"Kami melibatkan sejumlah 2.730 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan instansi terkait. Adapun 1.087 personel ditempatkan di DPR dan KPU-Bawaslu 1.277 personel," kata dia kepada wartawan, Senin (18/3/2024).



Susatyo mengatakan para personel keamanan nantinya berjaga di depan gedung DPR dan sekitarnya. Hal ini guna mengantisipasi massa merusak pagar gedung DPR dan membakar ban. Selain itu, sejumlah personel juga dikerahkan untuk mencegah agar massa tidak masuk dan menutup jalan Tol Dalam Kota (Dalkot) yang berada di depan gedung DPR.

Sejauh ini, penutupan arus lalu lintas di sekitar DPR bersifat situasional tergantung pada dinamika massa di lapangan. "Bila nanti di depan DPR massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua," ujarnya.

"Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR kami tutup dan diluruskan ke arah slipi," sambung Susatyo.

Ia mengimbau agar personel pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan pelayanan, serta humanis. "Lakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi dapat berjalan dengan aman dan tertib," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)