Sejumlah Rumah Rusak Berat hingga Jalan Amblas Akibat Tanah Bergerak di Bekasi

Rabu, 13 Maret 2024 - 20:55 WIB
loading...
Sejumlah Rumah Rusak Berat hingga Jalan Amblas Akibat Tanah Bergerak di Bekasi
Jalan amblas akibat tanah bergerak yang terjadi di Kampung Legok Cariu, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi. Foto/MPI/ade suhardi
A A A
BEKASI - Tanah bergerak terjadi di Kampung Legok Cariu, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi. Tak hanya membuat tanah retak, sejumlah rumah mengalami rusak berat, saluran air PDAM terputus hingga terganggunya aliran listrik.

Selai itu, bencana alam ini membuat longsor dan mengakibatkan amblasnya jalan sehingga memutus akses jalan kabupaten antara Kecamatan Cikarang Pusat menuju Bojongmangu.

Bencana tersebut terjadi pada Senin, 11 Maret 2024 pukul 23.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerusakan jalan hingga bangunan dilaporkan terjadi di beberapa titik.



Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan, pihaknya bersama Dinas SDABMBK dan Camat Bojongmangu serta pengelola Kawasan Deltamas telah melakukan langkah darurat untuk penanganan longsor tersebut.

"Ya, langkah pertama kita prioritaskan dari Bina Marga untuk penanganan amblasnya jalan ini, nanti diurug dan dipasang penahan sementara, dibantu dari pihak Deltamas agar bisa dilalui kendaraan," kata Muchlis, Rabu (13/3/2024).



Sementara, untuk warga terdampak longsor, pihaknya bersama Dinas Sosial, sejak terjadi longsor pertama beberapa waktu lalu, sudah memberikan bantuan berupaya tenda pengungsian dan sejumlah logistik.

"Ya, kita akan terus perhatikan bagi korban longsor ini, termasuk untuk langkah jangka panjangnya, apakah nanti rumahnya boleh diperbaiki atau harus direlokasi, kita menunggu rekomendasi dari Pusat Vulkanologi yang sudah turun ke sini," katanya.

Plt. Camat Bojongmangu Sapto Noviantoro mengatakan, longsor tersebut terjadi akibat curah hujan yang cukup besar dengan intensitas cukup panjang. "Untuk warga yang rumahnya jadi korban tanah longsor ini, BPBD telah menyediakan tenda darurat untuk antisipasi jika ada warga yang diungsikan, bersama bantuan pendukung lainnya," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9118 seconds (0.1#10.140)