Ribuan Jemaah Ikuti Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Selasa, 12 Maret 2024 - 18:48 WIB
loading...
Ribuan Jemaah Ikuti Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal
Ribuan jemaah memenuhi Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (12/3/2024) sore. Mereka berkumpul untuk mengikuti buka puasa bersama pada hari pertama puasa Ramadan. FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Ribuan jemaah memenuhi Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa (12/3/2024) sore. Mereka berkumpul untuk mengikuti buka puasa bersama pada hari pertama puasa Ramadan.

Berdasarkan pantauan MNC Portal, pukul 17.00 WIB, tampak laki-laki maupun perempuan berkumpul duduk di pelataran Ar-Rozaq. Panitia pun membagikan ribuan boks nasi kotak menjelang berbuka puasa.

Kepala Bidang Riayah dan Ketua Panitia Amaliyah Ramadan Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 4.000 boks setiap harinya.



"Alhamdulillah pada hari ini ada dari 4.000 itu banyak sumbangan yang masuk dari masyarakat, misalnya dari Kedutaan Saudi Arabia menyumbang 1.000 boks. Kemudian dari Pemerintah DKI Jakarta itu menyumbang 500 boks setiap hari sampai nanti hari terakhir Ramadan," kata Ismail kepada wartawan, Selasa (12/3/2024).

Selain bagi-bagi takjil dan tausiyah yang diisi oleh para penceramah, Masjid Istiqlal juga memberikan tempat bagi pelaku UMKM agar dapat berpartisipasi menjual produknya di depan halaman Al Fattah. "Ada bazar-bazar dari UMKM yang selama 30 hari juga berpartisipasi itu dengan berbagai macam produk yang ditawarkan kepada jamaah," katanya.

Sementara itu, turut hadir Kepala Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Syeikh Ahmed Essa Al Hazmi mewakili Dubes Arab Saudi untuk membagikan 1.000 boks nasi dan kurma kepada para jemaah.



"Saya mewakili Raja Salman dalam program buka puasa dan hadiah kurma kita tentu sangat bersyukur karena adanya program ini karena kita mendekatkan antara Kerajaan Saudi Arabia dengan Pemerintah Indonesia. Mudah-mudahan bulan Ramadan penuh berkah menjadi hidup kita penuh dengan barokah," katanya.

Sebagai informasi, Program Buka Puasa dimulai di Masjid Istiqlal, Jakarta. Lalu, program akan diteruskan ke sejumlah wilayah di Indonesia.Adapun program untuk kurmanya sekitar 20 ton, 150.000 boks buka puasa, dan 50.000 mushaf yang akan dibagikan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)