Pengoperasian LRT Jakarta Tunggu Sertifikasi Kemenhub

Selasa, 14 Agustus 2018 - 08:18 WIB
Pengoperasian LRT Jakarta Tunggu Sertifikasi Kemenhub
Pengoperasian LRT Jakarta Tunggu Sertifikasi Kemenhub
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta nampaknya belum siap untuk mengoperasikan Light Rail Transit dalam waktu dekat ini. LRT masih menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, pengoperasian LRT menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan agar dapat beroperasi saat perhelatan Asian Games 2018. Karena alasan tersebut, pihaknya belum berani melakukan uji coba LRT yang sebelumnya dijadwalkan pada 10 Agustus 2018 lalu.

"Iya saya enggak berani (uji coba LRT)," ujar Andri di Jakarta, Selasa (14/8/2018). Andri belum bisa memastikan kapan uji coba LRT dilakukan. Dia pun meminta awak media menanyakan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pihak yang mengerjakan proyek LRT.

"Tanya sama LRT deh, tanya Jakpro. Cuma mekanismenya seperti itu. Saya enggak berani jamin. Saya kan enggak tahu teknisnya seperti apa. Entar tiba-tiba kalau saya kasih, bukan sertifikat uji kelayakan itu kan sudah dilihat semua teknisnya segala macam tetek bengeknya sampai dianggap semua sudah memenuhi aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan sehingga dikeluarkanlah sertifikasi uji kelayakan. Dari situ baru saya keluarkan izin operasional, izin uji operasional," ujar.

Sekadar informasi, uji coba LRT rencananya dilakukan selama perhelatan Asian Games 2018 untuk rute Kelapa Gading-Velodrome. Namun hingga kini Pemprov DKI belum melakukan uji coba LRT.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3415 seconds (0.1#10.140)