Pemkot Bogor Klaim Angka Pengangguran Menurun

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 06:03 WIB
Pemkot Bogor Klaim Angka Pengangguran Menurun
Pemkot Bogor Klaim Angka Pengangguran Menurun
A A A
BOGOR - Pemkot Bogor mengklaim angka pengangguran terbuka di Kota Bogor mengalami penurunan. Penurunan itu berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional (sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

"Pada 2015 angka pengangguran di Kota Bogor berjumlah 49.942 jiwa (11,08 %). Tahun 2017 turun menjadi 47.438 jiwa (9,57 %)," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor Samson Purba di acara Bursa Kerja Expo 2018 di Bogor Trade Mall, Jumat, 10 Agustus 2018 kemarin.

Dia menjelaskan, data pencari kerja yang tercatat di Disnakertrans Kota Bogor sebanyak 3.907 orang dan sebanyak 2.669 orang berhasil ditempatkan. "Dan tahun ini, sampai dengan Juli 2018 data yang tercatat sebanyak 2.545 pencari kerja," katanya.

Tak hanya itu, penurunan angka pengangguran Kota Bogor pada 2017, lanjut Samson dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor yang membaik sebagai kota lintas daerah dan kota penyangga Ibu Kota negara. Selain itu ada juga kenaikan jumlah tenaga kerja terutama di sektor jasa kemasyarakatan, sektor perdagangan dan sektor transportasi serta sektor komunikasi.
"Perdagangan dan jasa kemasyarakatan menjadi sektor penopang banyaknya yang menyerap tenaga kerja di Kota Bogor yang merupakan kota jasa," ujarnya. Para pencari kerja, kata Samson, dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan, produktivitas dan daya saing.

"Ke depan diprediksi beberapa sektor yang masih bisa bertahan dan menyerap tenaga kerja adalah sektor jasa dan sektor perdagangan melalui industri kecil dan menengah akan lebih dimaksimalkan," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan hari terakhir Bursa Kerja Expo 2018 yang menyediakan sedikitnya 1.500 lowongan kerja itu terus dipadati ribuan pencari kerja (pencaker). Ribuan pencaker tampak antusias mengikuti setiap proses yang diberikan. Bahkan, dalam expo yang digelar di Lantai 4 Mall BTM itu antrean pengunjung mengular hingga lantai 2 pusat perbelanjaan tersebut.
Dalam Bursa Kerja Expo ini Disnakertrans Kota Bogor mengundang kurang lebih 30 perusahaan, beberapa diantaranya bergerak dibidang usaha finance, pabrik, jasa hotel, digital banking dan sebagainya dengan jumlah mencapai 1.500 lowongan kerja dari berbagai posisi dan jenjang pendidikan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3687 seconds (0.1#10.140)