Bantu Siswa Belajar Online, Puluhan Titik WiFi Gratis Dibangun di Seantero Jakarta

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:30 WIB
loading...
Bantu Siswa Belajar Online, Puluhan Titik WiFi Gratis Dibangun di Seantero Jakarta
Anggota DPR Dapil Jakarta Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio) mengunjungi siswa yang sedang belajar online di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (12/8/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Puluhan titik WiFi gratis bakal dibangun di seluruh Jakarta. Langkah ini membantu pelajar dalam menjalani sekolah online yang kini telah dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW PAN DKI Jakarta sekaligus Anggota DPR Dapil Jakarta Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio). Dia berjanji akan membangun puluhan WiFi gratis. “Ada 50 titik yang rencananya kami bangun di seluruh Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu,” ujarnya di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (12/8/2020).

Program yang dinamakan Pak Eko (Paket Edukasi Online) telah dibuat di tujuh titik di Cengkareng dan Kalideres, Jakarta Barat. Dia yakin program tersebut sangat membantu masyarakat kecil, khususnya anak-anak sekolah. (Baca juga: Selalu Ramai Dikunjungi, Warga Pondok Kelapa Bakal Tambah Tenda Internet Gratis)

"Saat ini siswa yang sedang menjalankan proses pembelajaran jarak jauh atau online banyak kendala yang dihadapi termasuk orang tua dalam membantu tugas anak-anaknya yang diterima dari pihak sekolah. Program ‘Pak Eko’ ini kita harapkan bisa membantu mengurangi beban siswa dan orang tua tadi," ungkap Eko.

Pemberian WiFi gratis ini sangat membantu lantaran sepengetahuannya tidak semua orang tua murid mampu mendapatkan kesempatan fasilitas internet dan WiFi yang memadai. Terutama bagi mereka yang kurang beruntung karena tingginya biaya pemasangan WiFi dan biaya per bulannya serta tingginya biaya pembelian kuota internet.

Karena itu, saat program ini pertama bergulir, pihaknya menyadari banyak membantu memberikan kemudahan kepada anak-anak sekolah dan juga orang tua murid dengan cara memberikan kemudahan fasilitas yang dinamakan Hot Spot Gratis.

Dalam pemberian bantuan ini, Eko menegaskan, WiFi bisa diakses selama 24 jam nonstop oleh sejumlah pelajar mulai dari PAUD hingga SMA/SMK.

Dia juga berjanji memantau langsung pelaksanaan pembangunan dan pemakaian WiFi ini termasuk untuk mengajak anak belajar. (Baca juga: Pimpinan Dewan DKI Setuju Denda Progresif PSBB transisi)

Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Lukman Nul Hakim menambahkan bakal memonitoring langsung pelaksanaan dan pembangunan WiFi ini. “Kami akan meminta warga sendiri atau RT/RW memonitoring di sana. Bila ada yang browsing aneh akan langsung kita tegur,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)