Raih Penghargaan Terbaik se-Jabar, Program PHBS Masyarakat Desa Ciherang Diapresiasi

Jum'at, 26 Januari 2024 - 22:31 WIB
loading...
A A A
"Melalui Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Desa Ciherang Pondok menyediakan bibit cabe rawit dan bawang bakung yang dibagikan kepada warga untuk ditanam di pekarangan, selain tanaman sayuran dan buah yang sudah dimiliki warga. Sementara untuk kebutuhan pupuk tanaman disediakan oleh Bank sampah berupa pupuk kompos," katanya.

Kegiatan ini selain menjadikan halaman rumah menjadi lebih indah dan asri tentu saja memberikan manfaat dalam memenuhi asupan gizi keluarga melalui konsumsi sayuran dan buah buahan. Kegiatan istimewa lain di Ciherang Pondok adalah pemilahan sampah.

"Warga di Ciherang Pondok dilatih dan dibiasakan memilah sampah organik dan non-organik. Sampah organik kemudian diolah lagi dengan menggunakan maggot (larva lalat) yang kemudian diolah lagi menjadi pakan ikan. Untuk sampah non-organik diangkut dari rumah warga dengan menggunakan bentor (becak motor) dan dibawa ke bank sampah," tambah Aldi.

Masih banyak kegiatan lain yang terkait PHBS yang dilakukan di Desa Ciherang Pondok. Program PHBS yang dijalankan di Desa Ciherang Pondok dilaksanakan secara terpadu dan melibatkan berbagai pihak. Dalam hal ini kolaborasi Desa Ciherang Pondok dengan Pabrik AQUA Ciherang telah membuat program PHBS di Ciherang Pondok membawa manfaat untuk kesehatan masyarakat.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)