Raih Penghargaan Terbaik se-Jabar, Program PHBS Masyarakat Desa Ciherang Diapresiasi

Jum'at, 26 Januari 2024 - 22:31 WIB
loading...
Raih Penghargaan Terbaik se-Jabar, Program PHBS Masyarakat Desa Ciherang Diapresiasi
Desa Ciherang Pondok, Caringin, Kabupaten Bogor berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Terbaik dalam Penerapan PHBS se-Provinsi Jawa Barat pada akhir 2023. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Terbaik dalam Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) se-Provinsi Jawa Barat pada akhir 2023. Keberhasilan ini mendapatkan apresiasi dari pabrik air mineral yang bertetangga dengan desa tersebut.

Kepala Desa Ciherang Pondok Aldi Wiharsa sumringah menjelaskan, pelaksanaan PHBS di Desa Ciherang Pondok diterapkan mulai dari keluarga, lingkungan RT/RW, dusun, dan desa yang dikembangkan sebagai Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

"Yang membedakan Desa Ciherang Pondok dari desa-desa lain di Jawa Barat dalam pelaksanaan Program PHBS adalah adanya inovasi pemenuhan kebutuhan air bersih dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya, Jumat (26/1/2024).



Menurut Aldi, program ini terwujud berkat kerja sama antara pihak Kecamatan Caringin dan Desa Ciherang Pondok dengan pabrik air mineral ternama di Ciherang yang memberikan fasilitas sumur bor dan pipanisasi saluran air bersih ke setiap rumah warga dan fasilitas umum untuk dimanfaatkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari.

Stakeholders Relations Manager Pabrik AQUA Ciherang Heri Yunarso, mengakui, hingga saat ini pihaknya telah memfasilitasi pembangunan 8 titik sarana air bersih di Desa Ciherang Pondok yang telah memberikan manfaat pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari untuk 4.000 orang.



"Sarana air bersih itu saat ini dikelola langsung oleh masyarakat, mulai dari penyaluran air ke rumah warga, pengumpulan iuran, dan perawatan hingga perbaikan sarana yang ada. Semua dikelola oleh kelompok masyarakat secara mandiri," katanya.

Selain itu, di Ciherang Pondok juga dikembangkan Kampung Ramah Lingkungan (KRL). Di mana dikembangkan pembuatan lubang-lubang biopori untuk membantu penyerapan air ke dalam tanah sekaligus mengurangi genangan air di kala hujan, pembuatan jamban sehat di setiap rumah. Termasuk dan penataan saluran air limbah keluarga melalui pipanisasi yang disalurkan melalui satu saluran dan air limbahnya digunakan oleh KRL sebagai sumber air tanaman dan dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

Ketua TP-PKK Novi Fariana Wiharsa menambahkan, para ibu di Desa Ciherang Pondok pun tidak tinggal diam. Mereka memanfaatkan halaman rumah masing-masing untuk menanam sayuran dan pohon buah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)