Maling Modus Pura-pura Minta Sumbangan Satroni Kontrakan di Ciputat, 2 HP Warga Dibawa Kabur

Selasa, 16 Januari 2024 - 06:55 WIB
loading...
Maling Modus Pura-pura Minta Sumbangan Satroni Kontrakan di Ciputat, 2 HP Warga Dibawa Kabur
Maling dengan modus berpura-pura minta sumbangan menyatroni sebuah kontrakan di Kampung Pasar, RT04/RW13, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (15/1/2024). Foto/CCTV
A A A
TANGERANG SELATAN - Maling dengan modus berpura-pura minta sumbangan menyatroni sebuah kontrakan di Kampung Pasar, RT04/RW13, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (15/1/2024). Dua telepon seluler atau handphone milik warga dibawa kabur.

Maling tersebut berkeliling dari pintu ke pintu dengan modus meminta sumbangan amal. Aksinya sempat terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di sekitar kontrakan.

Dalam rekaman CCTV, pelaku tampak datang seorang diri sekitar pukul 07.00 WIB. Pelaku memegang sejenis kantung plastik sebagai tempat sumbangan. Pelaku diduga mengincar kontrakan dengan kondisi pintu terbuka.



Korban penghuni kontrakan, Murtiyanti, mengaku kehilangan 2 unit handphone pagi itu. Saat kejadian dia tengah berada di kamar mandi, sedang anaknya yang masih balita masih tertudur pulas di ruangan depan.

"Pas sudah selesai (mandi), ngambil handuk, ternyata 2 HP yang lagi dicas sudah enggak ada," ujarnya.

Kaget melihat HP-nya raib, korban lantas bergegas menemui pemilik kontrakan untuk melihat rekaman CCTV. Ternyata benar saja, pria yang meminta sumbangan itu terlihat memasuki kontrakannya beberapa saat, lalu pergi tergesa-gesa.

"Pelakunya sendiri, bapak-bapak," jelasnya.

Aksi pencurian dengan modus serupa rupanya pernah pula terjadi di wilayah ini. Pelaku mengincar penghuni kontrakan yang lengah, lalu mengendap masuk, dan mencuri barang elektronik yang mudah dibawa.

Pengurus lingkungan sempat mencari pelaku hingga stasiun dan pasar. Namun jejaknya tak lagi terdeteksi. Warga sekitar pun diimbau agar lebih waspada mana kala ada orang asing beraktivitas di sekitar rumah.

"Dari CCTV, pelakunya ini pura-pura minta sumbangan. Di sini kami selaku Ketua RT langsung mencari pelaku ke stasiun, ke pasar, tapi memang tidak ketemu. Saya sudah mengimbau warga supaya tidak lengah untuk mengantisipasi kejadian seperti ini terulang lagi," kata Ketua RT04 Burhanudin.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)