Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan 7 Pohon di Jakpus

Jum'at, 12 Januari 2024 - 10:25 WIB
loading...
Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan 7 Pohon di Jakpus
Evakuasi pohon tumbang di Jaln Denpo II RW. 03 Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024). FOTO ILUSTRASI/TWITTER DAMKAR JAKSEL
A A A
JAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2024), mengakibatkan tujuh pohon tumbang dan sempal di sejumlah lokasi. Hal tersebut sempat membuat gangguan lalu lintas.

Menurut Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Pusat, Budi Hidayat mengatakan, hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Jakarta Pusat sekitar pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. Total sebanyak tujuh pohon yang mengalami sempal dan tumbang tersebar di empat kecamatan, yakni Tanah Abang, Menteng, Johar Baru, dan Kecamatan Senen.

"Lokasi terbanyak di wilayah Kecamatan Tanah Abang, ada tiga lokasi, lalu Johar Baru dua lokasi dan masing-masing satu lokasi di Kecamatan Menteng dan Senen," kata Hidayat saat dihubungi, Jumat (12/1/2024).



Menurut Hidayat, sebanyak dua pohon di wilayah Kecamatan Tanah Abang mengalami sempal yakni, pohon Asem Ranji dengan diameter sekitar 30 sentimeter di Jalan Bendungan Hilir dan pohon petai dengan diameter sekitar 20 sentimeter di Jalan Danau Toba. Lalu satu pohon tanjung dengan diameter 40 sentimeter tumbang di Jalan Tentara Pelajar, Kecamatan Tanah Abang.

Kemudian, dua pohon angsana mengalami sempal masing-masing berdiameter 30 sentimeter di Jalan Baladewa dan berdiameter 15 sentimeter di Jalan Mardani Kecamatan Johar Baru. Selanjutnya, satu pohon tabebuya berdiameter 30 sentimeter di Jalan Pramuka Raya Kecamatan Senen, mengalami tumbang.

"Lalu satu pohon beringin berdiameter 30 sentimeter di Jalan Gondangdia, Kecamatan Menteng mengalami sempal," katanya.



Kepala Suku Dinas Tamhut Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan, pohon tumbang dan sempal tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat. Sedangkan kerugian material yang diakibatkan hanya kerusakan minor sebuah sepeda motor, mobil boks dan kabel utilitas.

"Petugas tim pohon kita bersama petugas dari Gulkarmat dan PPSU tengah melakukan penanganan. semoga segera tuntas," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)