Proyek MRT On the Track, Dua Rangkaian Kereta Tiba 26 Maret

Jum'at, 09 Maret 2018 - 07:30 WIB
Proyek MRT On the Track, Dua Rangkaian Kereta Tiba 26 Maret
Proyek MRT On the Track, Dua Rangkaian Kereta Tiba 26 Maret
A A A
JAKARTA - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) diklaim berjalan sesuai rencana. Dua rangkaian kereta akan tiba di Jakarta pada 26 Maret mendatang.

Sekertaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Hikmat, mengatakan, progres MRT hingga saat ini sudah mencapai 91,86 persen, dengan rincian kontruksi layang 87,99 persen dan kontruksi bawah tanah 95,76 persen. Adapun untuk rel yang terpasang sudah sekitar 13.114 meter dari Depo Lebak Bulus menuju Blok M.

"Kesiapan operasional 47,56 persen (institusi dan sumber daya manusia) dan pembayaran dana proyek 64 persen. Dua rangkaian kereta sama dengan 12 gerbong akan datang 26 Maret. Tarif kemungkinan akhir bulan ini sudah keluar penghitungannya," ujar Hikmat saat dihubungi Kamis kemarin.

Hikmat menjelaskan, pemesanan kereta MRT berjumlah 16 rangkaian. Satu rangkaian terdiri dari enam gerbong. Artinya apabila 16 rangkaian sedikitnya ada 96 gerbong yang akan didatangkan secara bertahap.
Untuk mendapatkan kepastian teknik operasional dan subsidi tarif, akan melewati beberapa proses dan uji coba. Pada Mei mendatang telah dijadwalkan uji coba di sekitar Depo Lebak Bulus.

"Nanti di-track kalau sudah terpasang seluruhnya dari Lebak Bulus sampai Blok M. Pada Agustus akan diuji coba bolak-balik. Kan di Blok M ada pertukaran rangkaian juga," ucapnya.

Terkait masinis dan sumber daya manusia (SDM), akan ada instruktur yang telah dilatih di Malaysia. Sebab kereta di Malaysia sama dengan MRT Indonesia yakni menggunakan sistem kendali kereta berbasis komunikasi atau communications-based train control (CBTC).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menuturkan, progres MRT sejauh ini on the track. Pihaknya saat ini fokus dalam penataan trotoar dan memastikan bahwa saat pelaksanaan Asian Games tidak ada lagi seng-seng material yang menutupi pengerjaan MRT. Khususnya di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari Senayan Patung Kuda hingga Semanggi atau Karet. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek MRT bersama dirinya pada Rabu (7/3/2018) lalu.

Dengan begitu, lanjut Anies, pada saat Asian Games tidak ada lalu lintas yang terganggu. Apalagi konstruksi memang dikerjakan di bawah, tidak perlu terlihat di atas. PT MRT sudah memastikan Agustus semuanya tidak ada lagi pekerjaan di atas.

"Penataan trotoar pendukung Asian Games insya Allah kalau yang Senayan sampai Semanggi, mungkin malah sampai di Casablanka, itu Juli bisa selesai. Kalau yang di Utara itu perlu waktu lagi," tegasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3256 seconds (0.1#10.140)