Hadiah Ulang Tahuh Ke-21, Bekasi Target Raih Adipura

Jum'at, 09 Maret 2018 - 04:10 WIB
Hadiah Ulang Tahuh Ke-21, Bekasi Target Raih Adipura
Hadiah Ulang Tahuh Ke-21, Bekasi Target Raih Adipura
A A A
BEKASI - Kota Bekasi genap berusia 21 tahun pada 10 Maret besok. Sebagai bentuk rasa syukur, Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi mengadakan berbagai kegiatan, mulai dari yang sifatnya seremonial resmi pemerintahan hingga yang melibatkan masyarakat luas. Untuk memeriahkan hari jadinya yang 21 tahun, Pemkot Bekasi menggelar 28 kegiatan.

Salah satunya adalah kegiatan Fun Bike yang telah diselenggarakan Minggu 25 Februari lalu. Pjs Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah, mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk ajang silaturahmi antara aparat sipil negara (ASN) dengan masyarakat. "Ajang ini dimanfaatkan untuk saling mengenal antara pemerintah dan masyarakat," ujar Ruddy Gandakusumah, Kamis (8/3/2018).

Menurut dia, dalam rangkaian HUT Kota Bekasi diharapkan partisipasi masyarakat untuk mendukung target perolehan Piala Adipura 2018, dengan ikut menjaga kebersihan dan keindahan Kota Bekasi. "Piala Adipura merupakan Target Kota Bekasi di HUT Ke-21 ini, diharapkan masyarakat turut mendukung tercapainya target tersebut," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, penilaian Kota Bekasi dalam Piala Adipura sudah terkumpul, yaitu dengan nilai sementara 72.8 dan penilaian akan terus berlangsung hingga Juni mendatang. Untuk itu, Kota Bekasi ingin menjadi wilayah di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu.

Ruddy mengatakan, selama lima tahun ini Pemkot Bekasi sudah bekerja keras merealisasikan hampir semua indikator, khususnya indikator makro tercapai. Bahkan, upaya yang dilakukan sudah optimal. Artinya, Kota Bekasi telah berupaya bagaimana menyiapkan Kota Bekasi sebagai penataan sampah yang lebih baik.

Upaya lainnya, Pemkot Bekasi tahun ini terus mengupayakan segala cara untuk menata wajah Kota Bekasi. Salah satunya dengan menggerakkan komunitas-komunitas pecinta alam, RT, RW dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan penataan wajah Kota Bekasi di bidang kebersihan serta keasriannya."Kita ingin Adipura menjadi kado untuk warga Bekasi," ujarnya.

Saat ini, kata dia, kebersihan dan keasrian merupakan fokus pertama yang dilihat dalam adipura ini, sedangkan pemanfaatannya adalah faktor pendukung. Melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus berupaya maksimal dan mendorong bagaimana cara masyarakat sadar guna menjaga kebersihan lingkungannya.

Kabag Humas Pemerintah Kota Bekasi, Sajekti Rubiah mengatakan, selain target meraih Piala Adipura tahun ini, Pemkot juga menggelar 28 kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat Bekasi. "Selain di setiap SKPD, rangkaian kegiatan hari jadi juga digelar di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan se-Kota Bekasi," katanya.

Menurut dia, rangkaian kegiatan hari jadi tersebut tidak jaug berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja tema tahun ini adalah 'Mari kita tingkatkan kualitas pembangunan, integritas aparatur, bangun kedamaian, rajut kebersamaan, serta jaga persatuan dan kesatuan menuju Kota Bekasi yang maju, sejahtera dan ihsan".
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7265 seconds (0.1#10.140)