Janji Tawarkan Kerja, Zainudin Malah Bawa Kabur Motor

Kamis, 01 Maret 2018 - 10:51 WIB
Janji Tawarkan Kerja, Zainudin Malah Bawa Kabur Motor
Janji Tawarkan Kerja, Zainudin Malah Bawa Kabur Motor
A A A
JAKARTA - Polisi membekuk pelaku pencurian dan penipuan bernama Zainudin A (23) di Jalan Rawasari, Jakarta Pusat. Modus pelaku menawarkan kerja pada korban dan membawa kabur kendaraannya.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, awalnya pelaku menghubungi korban melalui pesan chat di Facebook dengan akun Vivi. Adapun pelaku memilih korbannya secara acak dan berpura-pura sebagai sales yang bekerja di kawasan Tomang, Jakarta Barat.

"Awalnya berkenalan, saling tanya biasa sampai menjurus ke pembicaraan kerja. Saat tahu korban tak bekerja, pelaku pun menawarkan kerjaan pada korbannya," terang Mardiaz di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Di situ, kata dia, pelaku mengarahkan korban untuk berkomunikasi dengan atasannya, Figure Leader yang bernama Doni di Facebooknya. Padahal, akun dengan Doni merupakan pelaku yang sama dengan pemilik akun Vivi itu.

Setelah berkomunikasi, bebernya, pelaku pun mengajak korban bertemu di kawasan Bidaracina, Jakarta Timur dan meyakinkan korban kalau dia bakal mempekerjakannya sebagai Sales di kawasan Tomang. Saat bertemu, pelaku pun mengajak korban berputar-putar di jalanan.

"Pelaku ini membawa korban berputar-putar menggunakan sepeda motor korban saling berboncengan, pelaku mencari kesempatan untuk bisa membawa kabur motor korban," tuturnya.

Sesampainya di SPBU kawasan Tebet, Jakarta Selatam, sambungnya, korban pergi ke toilet. Sedang pelaku langsung membawa kabur motor korban. Setelah melapor ke polisi, pelaku akhirnya ditangkap, hanya saja sepeda motor korban sudah dijual ke penadah.

"Setelah menangkap tersangka Zainudin, kami kembali menangkap penadahnya bernama Fuji H di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Kini, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan atau Pasal 363 KUHP tentang pencurian," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4659 seconds (0.1#10.140)