Bertemu RT/RW dan LMK, Anies Ajak Warga Bergerak Bangun Jakarta

Jum'at, 08 Desember 2017 - 21:05 WIB
Bertemu RT/RW dan LMK, Anies Ajak Warga Bergerak Bangun Jakarta
Bertemu RT/RW dan LMK, Anies Ajak Warga Bergerak Bangun Jakarta
A A A
JAKARTA - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno terus berupaya mengajak warga ibu kota bergerak bersama membangun Jakarta. Perwakilan warga di RT/RW dan kelurahan diminta segera merespon keluhan masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, peran RT/RW, Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) dan perwakilan lain di lingkungan warga sangat besar karena dekat dengan warga. Mereka paling mengetahui kondisi warga dan merasakan langsung ketika harus terlibat masalah. Baik yang terikat alam ataupun sosial.

Untuk itu, kata Anies, pihaknya meminta RT/RW dan LMK menyamakan pandangan untuk membangun kota Jakarta melalui gerakan bersama. Dia pun meminta mereka mengintensifkan musyawarah di lingkungan warga.

"Kami minta kegiatan warga diintensifkan. Kami akan mendukung. Kami ingin warga berinteraksi, tidak sekadar transaksi ekonomi tapi sosial, budaya, agama harus jadi bagian warga Jakarta," kata Anies dalam pertemuanya dengan seluruh RT/RW dan LMK di Gor Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (8/12/2017).

Anies menjelaskan, Jakarta adalah kota yang penduduknya banyak dari seluruh Indonesia. Seperti gula yang membuat seluruh warga berkumpul di Jakarta. Artinya, apabila warga tidak saling kenal, dekat dan akrab, kondisi kampung tidak akan bahagia dan warga tidak sejahtera.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini berharap, agar musyawarah di lingkungan warga ditingkatkan. Sehingga dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) dapat menjadi bahan pembangunan kota Jakarta. Jangan sampai, kata dia, hasilnya A dapatnya B.

"Semua kegiatan kami akan melibatkan warga. Manusia jagi fokus pembangunan. Kalau dibangun insya Allah infrastruktur terbangun. Kepada lurah, camat yang mendapat laporan warga, saya harap semua dapat direspon dengan baik dan cepat. Dan pastikan orientasinya menyelesiakan masalah," kata Anies.

Salah satu yang menjadi tantangan warga untuk bersama menyelesaikan masalah, lanjut Anies adalah menghadapi musim hujan yang harus dihadapi hingga bulan Maret 2018. Dia mengajak seluruh warga untuk membuat kampung yang ditinggalinya menjadi kampung yang ramah lingkungan bersih nyaman dan sehat.

"Tiga hal yang harus menjadi pegangan dalam menghadapi musim hujan, siaga, tanggap dan galang. Itu bagian kita mencegah. Sesudah itu berdoa semoga allah jauhkan kita dari bencana," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)