Pertemuan DPRD Kota Bogor dan Perusahaan Swiss Bahas Ketenagakerjaan

Senin, 27 November 2023 - 13:22 WIB
loading...
Pertemuan DPRD Kota Bogor dan Perusahaan Swiss Bahas Ketenagakerjaan
Perusahaan asal Swiss, JANZZ Technology kunjungan kerja ke DPRD Kota Bogor, Senin (20/11/2023). Mereka membahasa masalah ketenagakerjaan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOGOR - Perusahaan asal Swiss, JANZZ Technology kunjungan kerja ke DPRD Kota Bogor , Senin (20/11/2023). Kedatangan perusahaan bidang layanan teknologi pasar tenaga kerja ini mencoba membangun kerja sama guna menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di Kota Bogor.

Perwakilan JANZZ technology diterima Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Iwan Iswanto beserta anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor Eka Wardhana dan Sendhy Pratama di ruang rapat Komisi IV DPRD Kota Bogor.

Sendhy memaparkan, berdasarkan data Disnaker Kota Bogor, angka pengangguran terbuka di Kota Hujan sebanyak 59.571 orang dari 556.541 orang yang terdata sebagai angkatan kerja. Jumlah ini menjadi masalah karena selama beberapa tahun terakhir karena investasi yang masuk ke Kota Bogor belum bisa menyerap tenaga kerja secara maksimal.

“Masih adanya pengangguran di Kota Bogor, menurut kami harus dicarikan solusinya. Sehingga kebutuhan pasar perusahaan dan SDM yang ada bisa cocok,” ujar Sendhy dalam keterangannya, Senin (27/11/2023).

DPRD Kota Bogor bersama Disnaker Kota Bogor terus berupaya meningkatkan kualitas calon pekerja. Komitmen itu ditunjukkan dengan dianggarkannya program pelatihan kerja didalam APBD Kota Bogor setiap tahun.

Namun masalah penyaluran tenaga kerja selalu menjadi kendala. Untuk itu Eka berharap ada kerja sama dengan JANZZ technology guna menyalurkan tenaga kerja dari Kota Bogor. “Kalau kerja sama ini bisa dijalin dengan memberikan solusi pengurangan angka pengangguran, menurut kami ini menjadi peluang yang bagus bagi para angkatan kerja di Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Iwan Iswanto menyampaikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor 2023, pengangguran didominasi lulusan SMA atau SMK sebanyak 37.652 orang. Dia berharap, teknologi yang disuguhkan JANZZ bisa menjadi jembatan untuk warga Kota Bogor.

“Dengan teknologi yang sudah dipaparkan, kami berharap, teknologi ini bisa menjadi jawaban atas persoalan ketenagakerjaan, karena sudah menggunakan AI untuk mengurai data-data yang ada,” katanya.

Selain pertemuan, DPRD Kota Bogor juga turut menjembatani pertemuan antara JANZZ Technology dengan Pemkot Bogor yang diterima langsung Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim beserta jajaran OPD Kota Bogor.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)