Maafkan Alumnus Kanisius, Din Syamsuddin Apresiasi Sikap Anies

Minggu, 19 November 2017 - 23:39 WIB
Maafkan Alumnus Kanisius, Din Syamsuddin Apresiasi Sikap Anies
Maafkan Alumnus Kanisius, Din Syamsuddin Apresiasi Sikap Anies
A A A
JAKARTA - Ketua Pimpinan Ranting (PR) Muhammadiyah Pondok Labu, Jakarta Selatan, Din Syamsuddin mengapresiasi sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memaafkan alumnus Kolese Kanisius yang walk out saat dirinya tengah memberi sambutan.

"Jawaban Pak Anies bagus. Itu watak Muhammadiyah. Kita negarawan, kalau ada orang berbuat salah, zalim sama kita ya kita maafkan saja," kata Din di Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).

Pria yang juga menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar agama dan Peradaban ini meminta kepada para pendukung Anies untuk tidak bersikap berlebihan menyikapi hal tersebut.

"Tapi ya benar dari Pak Anies tidak mengeneralisasi kepada Kanisius. Toh Kanisius sebagai lembaga sudah mau mengundang gubernur. Itu kan ulah satu dua orang saja. Saya kira yang kita mengerti saja. Mungkin karena beda perspektif nilai," lanjutnya.

Menurut mantan Ketua Umum PP Muhamadiyah ini, sikap Anies menunjukkan sikap kenegarawanan. Menurut dia, tidak semua alumnus Kolese Kanisius menolak pidato anis pada HUT Kanisius ke-90 beberapa waktu lalu.

"Jawaban Pak Anies yang memberi maaf itu sebuah sifat kenegarawanan. Mereka mungkin belum tahu, kepada pendukung Pak Anies jangan generalisasi pada Kanisius apalagi Romo Magnis juga menyampaikan ke Pak Jokowi. Kami menghargai Kanisus mengundang Anies yang konstituennya banyak yang tidak mendukung. Itu harus dipuji dan jangan diperbesarlah itu ulah satu dua orang," sambung Din.

Dia juga meminta, agar masalah tersebut tidak dibesarkan. "Maafkan, jika mengerti diberikan pencerahan syukur-syukur diterima. Terlalu kecil (masalah ini) di tengah banyaknya permasalahan bangsa," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)