5 Polwan Polri Berprestasi yang Mengharumkan Indonesia, Nomor 3 Penembak Kelas Dunia

Minggu, 19 November 2023 - 05:54 WIB
loading...
5 Polwan Polri Berprestasi yang Mengharumkan Indonesia, Nomor 3 Penembak Kelas Dunia
5 Polwan Polri berprestasi yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
JAKARTA - Polisi Wanita (Polwan) Polri kembali membuat harum nama Indonesia. Dia adalah Briptu Renita Rismayanti yang menorehkan prestasi gemilang di kancah dunia.

Briptu Renita menerima penghargaan sebagai polwan terbaik dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam ajang Pekan Polisi PBB tahunan. Penghargaan itu diterima Briptu Renita di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, pada 17 November 2023.



Sebelum Briptu Renita, sebenarnya terdapat sejumlah polwan Polri berprestasi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Mereka berprestasi di kancah internasional mulai dari bidang olahraga, akademik, dan tugas negara.

Berdasarkan data Litbang SINDOnews dirangkum, Minggu (19/11/2023), berikut deretan polwan Polri yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia:

1. Brigadir Hikma Nur Syafa

5 Polwan Polri Berprestasi yang Mengharumkan Indonesia, Nomor 3 Penembak Kelas Dunia


Brigadir Hikma Nur Syafa pernah viral saat tugas PBB di Afrika Selatan ketika masih berpangkat Briptu. Hikma Nur Syafa menempuh cara yang berbeda dalam mengharumkan nama Indonesia.

Dia pernah mewakili Indonesia dalam mengerjakan misi kemanusiaan dengan PBB. Hikma Nur Syafa dikirim untuk bertugas menjadi salah satu anggota Formed Police Unit (FPU) PBB di Bangui, Afrika Tengah. Tentunya Briptu Ima tidak sendiri.

Sebanyak 140 anggota Polri dikirim ke Afrika, di mana 14 di antaranya adalah polwan. Ima bersama 13 polwan lainnya merupakan polwan pertama yang bertugas sebagai penjaga perdamaian PBB.

Polwan cantik asal Yogyakarta itu terpilih bergabung dengan Formed Police United (FPU). Dia berhasil mewakili Indonesia setelah bersaing dengan 500 kandidat lain. Tergabung dengan FPU membuat Hikma dikirim ke Afrika Tengah. Dia bertugas untuk menjalankan Misi Perdamaian PBB.
Tugas itu diembannya selama 15 bulan di wilayah Bangui di Afrika Tengah.

Hikma Nur Syafa resmi menjadi polwan pada tahun 2013. Perempuan yang akrab disapa Ima ini pernah dihadapkan pada pilihan sulit dalam berkarier. Sebelum gabung di Lembaga Pendidikan Polri Sekolah Polisi Wanita, Ima duduk sebagai mahasiswa jurusan pariwisata di Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Iptu Mesya Ananda

5 Polwan Polri Berprestasi yang Mengharumkan Indonesia, Nomor 3 Penembak Kelas Dunia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)